Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.665
  • SUN93,03 -0,06%
  • EMAS608.023 -0,17%

Anda bisa coba diet berikut ini untuk hindari diabetes

Minggu, 04 November 2018 / 15:47 WIB

Anda bisa coba diet berikut ini untuk hindari diabetes
ILUSTRASI. Menu makanan nasi uduk



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menurut riset terbaru, ada keterkaitan antara mengonsumsi nasi putih dengan risiko kelebihan berat badan dan penyakit diabetes tipe 2. 

Oleh karena itu, mencoba melakukan diet tanpa nasi tentu bisa menurunkan risiko tersebut. 


Diet jenis ini bukan berarti harus menghilangkan nasi dari daftar menu makanan sepenuhnya. 

Yuk, simak ulasan berikut ini, seputar diet sehat tanpa nasi putih, dan cara mempraktikkannya, seperti dikutip dari laman Alodokter. 

Sebelum menjalani diet tanpa nasi, perlu dipahami lebih dulu bagaimana keterkaitan antara nasi putih dengan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. 
Sebuah penelitian menemukan, sering mengonsumsi nasi putih mampu meningkatkan risiko menderita penyakit diabetes tipe 2. 

Dalam penelitian lain, disebutkan, risiko ini akan meningkat 10 persen pada orang yang tiap hari mengonsumsi nasi putih dalam porsi besar. 

Keterkaitan ini ditemukan terutama pada orang-orang di Asia yang mengonsumsi nasi hingga 3-4 porsi sehari. 

Diabetes tipe 2 adalah penyakit kronis yang berdampak kepada cara tubuh mencerna glukosa sebagai sumber tenaga. 
Penderita diabetes tipe 2 mengalami gangguan dalam memanfaatkan insulin atau tidak memproduksi insulin dalam jumlah cukup untuk menjaga kadar gula darah tetap normal. 

Mungkin kita sering mendengar bahwa penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk menjalani diet tanpa nasi. 

Namun perlu diketahui, makna dari diet tanpa nasi bukan berarti sama sekali menghilangkan nasi dari menu. 

Sebab, yang harus dilakukan adalah mengganti nasi putih dengan sumber karbohidrat lain, seperti nasi merah, misalnya. 

Mengganti nasi putih dengan biji-bijian 

Cara diet tanpa nasi yang sehat adalah mengganti nasi putih dengan biji-bijian utuh. 

Hal ini dipertimbangkan karena nasi putih dapat menyebabkan gula darah naik secara mendadak. 

Sedangkan biji-bijian utuh adalah jenis makanan yang mengandung serat terlarut. 
Oleh karena serat membutuhkan waktu lebih lama untuk diproses, maka gula akan dilepaskan secara perlahan-lahan, sehingga kadar gula darah menjadi lebih stabil. 

Tak hanya biji-bijian, nasi putih pun bisa diganti dengan nasi merah. 

Meski nasi merah dan nasi putih sebenarnya berasal dari biji yang sama, tetapi beras putih diproses dengan penggilingan yang menghilangkan lapisan dedak/kulit padi dan benihnya. 

Sementara pada beras merah, lapisan dedak ini tetap ada sehingga bisa menjadikannya terasa lebih keras setelah dimasak, tetapi lebih bernutrisi. 

Proses pemurnian inilah yang mengakibatkan beras putih memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi dibandingkan beras merah. 

Indeks glikemik menunjukkan seberapa cepat makanan tertentu meningkatkan kadar glukosa di dalam darah. 

Inilah sebabnya konsumsi nasi putih lebih cepat memicu naiknya kadar gula darah setelah makan. 

Pemrosesan ini juga mengakibatkan hilangnya sejumlah vitamin, mineral, magnesium, dan serat yang dapat menurunkan risiko diabetes. 

Lengkapi diet tanpa nasi 

Diet tanpa nasi juga harus didukung dengan pola makan yang sehat. 

Diabetes tipe 2 berhubungan erat dengan kelebihan berat badan, sehingga sangat penting untuk menjaga pola makan secara keseluruhan. 

Ditambah lagi, konsumsi terlalu banyak nasi putih dan sumber karbohidrat lain yang memiliki indeks glikemik tinggi, seperti roti putih atau kentang putih, tidak hanya meningkatkan risiko terkena diabetes, tetapi juga penyakit-penyakit lain. 

Sebutlah penyakit seperti jantung dan stroke mungkin akan mengintai. 

Di samping diet tanpa nasi, lengkapi menu harian dengan sumber-sumber makanan berikut: 

- Kacang-kacangan. 

- Makanan sumber vitamin C, seperti tomat, stroberi. Mengonsumsi cukup vitamin C mampu mengurangi kadar gula darah puasa dan reaksi peradangan. 

- Ikan yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon. 

- Sayur-sayuran hijau, karena kaya akan nutrisi dan antioksidan, namun rendah kalori dan karbohidrat. 

- Untuk menjaga agar kadar gula darah tetap stabil, kita juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan olahan, seperti kue atau camilan kemasan. 

Di samping menerapkan pola makan yang sehat, olahraga teratur serta menghindari kebiasaan buruk, seperti merokok dan mengonsumsi minuman keras, dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. 

Selain akibat gaya hidup yang tidak sehat, seseorang yang memiliki anggota keluarga penderita diabetes lebih berisiko mengalami diabetes. 

Oleh karena itu, orang dengan riwayat penyakit diabetes dalam keluarga, sangat diharapkan untuk menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, termasuk menjaga pola makan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Hindari Diabetes, Yuk Diet Tanpa Nasi Putih"

Sumber : Kompas.com
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0007 || diagnostic_api_kanan = 0.0725 || diagnostic_web = 0.4030

Close [X]
×