Tips Sehat

Anda bisa coba, berikut 3 sayur bisa jadi penguat sistem imunitas yang kuat

Kamis, 22 Juli 2021 | 12:46 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Anda bisa coba, berikut 3 sayur bisa jadi penguat sistem imunitas yang kuat

ILUSTRASI. Anda bisa coba, berikut 3 sayur bisa jadi penguat sistem imunitas yang kuat.

KONTAN.CO.ID - Memberi asupan tubuh Anda dengan sayur tertentu bisa membantu menjaga sistem imunitas tetap kuat, lo. Apalagi, di tengah lonjakan kasus Covid-19 di negara kita.

Jika Anda mencari cara untuk mencegah pilek, flu, dan infeksi virus lainnya, langkah pertama Anda adalah mengunjungi tukang sayur. 

Masukan tiga sayur penguat sistem imunitas yang kuat berikut ini dalam daftar belanja Anda, seperti dikutip dari Healtline:

1. Paprika merah

Jika menurut Anda buah jeruk memiliki vitamin C paling banyak dari buah atau sayur apa pun, pikirkan lagi. 

Sebab, untuk tiap ons, paprika merah mengandung hampir tiga kali lebih banyak vitamin C (127 mg) dibanding jeruk Florida (45 mg). Sayur ini juga merupakan sumber beta karoten yang kaya.

Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, vitamin C bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Beta karoten, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A, membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

Baca Juga: 3 Makanan sehat yang tinggi vitamin D untuk dongkrak imunitas tubuh

3. Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran paling sehat yang bisa Anda taruh di piring.

Kunci untuk menjaga kekuatannya tetap utuh adalah memasaknya sesingkat mungkin, atau lebih baik lagi, tidak dimasak sama sekali. 

Penelitian telah menunjukkan, mengukus adalah cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi dalam makanan, termasuk brokoli.

3. Bayam

Bayam masuk daftar bukan hanya karena kaya akan vitamin C, tetapi juga mengandung banyak antioksidan dan beta karoten, yang keduanya bisa meningkatkan kemampuan melawan infeksi dari sistem imunitas tubuh Anda.

Mirip dengan brokoli, bayam paling sehat jika dimasak sesingkat mungkin agar nutrisinya tetap terjaga. 

Memasak tidak terlalu lama membuat bayam lebih mudah menyerap vitamin A dan memungkinkan nutrisi lain dilepaskan dari asam oksalat, antinutrisi.

Selanjutnya: Agar daya tahan tubuh tak menurun, jangan konsumsi 8 makanan ini!

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru