Anak susah makan? Coba lakukan 6 cara ini

Rabu, 16 Juni 2021 | 10:26 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anak susah makan? Coba lakukan 6 cara ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak susah makan bisa membuat orangtua stres. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara mengatasi anak susah makan yang bisa Anda lakukan. Dengan begitu, kebutuhan tubuh anak akan berbagai macam nutrisi dapat terpenuhi.

Melansir Flintobox (flintobox.com), hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah memberikan sarapan penuh gizi untuk anak. Tujuannya agar metabolisme tubuh anak lebih baik. Tak hanya itu, nafsu makan anak sepanjang hari pun dapat mengalami peningkatan.

Selain wajib memberikan sarapan, masih banyak cara lain yang perlu Anda praktikkan. Namun, jika cara-cara ini tak cukup efektif, segera konsultasi ke dokter, ya. Tujuannya agar tubuh anak tak mudah sakit akibat susah makan.

Beri Makan Lebih Sering

Umumnya, manusia makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun, untuk anak yang susah makan karena merasa tidak lapar, Anda perlu menstimulasi sistem pencernaannya dengan memberi makan lebih sering. Cobalah untuk memberikan makan tiap dua jam sekali agar nafsu makan meningkat.

Baca Juga: Orangtua wajib tahu, berikut manfaat tidur yang cukup bagi buah hati

Kacang

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kacang. Jenis makanan itu mengandung banyak protein dan mampu meningkatkan nafsu makan. Jika anak susah makan, cobalah untuk memberikan selai kacang atau kacang goreng kepadanya.

Hindari Makanan dengan Rasa Kuat

Salah satu alasan mengapa anak susah makan adalah makanan yang tersaji memiliki rasa dan bau menyengat. Cobalah untuk menghindari masakan dengan bumbu dan bahan seperti itu. Seiring berjalannya waktu, bisa jadi anak makan lebih lahap.

Jeruk Nipis

Bahan alami lainnya yang berguna untuk meningkatkan nafsu makan adalah jeruk nipis. Flintobox merekomendasikan anak untuk minum jus jeruk nipis setiap kali sulit makan. Tak hanya meningkatkan nafsu makan, mengonsumsi jeruk nipis juga baik untuk sistem pencernaan.

Baca Juga: Daftar makanan nutrisi tinggi, bisa bantu naikkan berat badan anak

Zinc

Zinc adalah salah satu jenis mineral yang mampu meningkatkan nafsu makan. Ada banyak sumber makanan yang mengandung jenis mineral itu, misalnya labu. Jika memang perlu, anak bisa mengonsumsi suplemen zinc. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Beri Dessert

Memberikan dessert dalam bentuk buah bisa jadi salah satu cara mengatasi anak susah makan.

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memberikan dessert atau makanan penutup. Selain mempercepat proses makan anak, memberikan dessert yang terdiri dari buah juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan nafsu makan anak selanjutnya.

Selanjutnya: 5 Cara mengatasi anak susah makan yang perlu Anda coba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru