CLOSE [X]

Anak Mulai Belajar Menggenggam Makanan? 5 Finger Food Ini Cocok untuk Buah Hati

Selasa, 02 Agustus 2022 | 15:44 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Anak Mulai Belajar Menggenggam Makanan? 5 Finger Food Ini Cocok untuk Buah Hati

ILUSTRASI. Anak Mulai Belajar Menggenggam Makanan? 5 Finger Food Ini Cocok untuk Buah Hati.


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Finger food  baik diberikan kepada anak berusia di atas 6 bulan dan sedang belajar menggenggam. Makanan ini bisa menjadi makanan selingan sekaligus melatih kemampuan motorik anak.

Buah hati di usia 8-9 bulan biasanya sudah mulai belajar makan sendiri. Dia akan menggenggam makanannya dan belajar makan sendiri. 

Menggenggam merupakan salah satu kegiatan yang memerlukan kemampuan motorik. Dengan memberikan buah hari makanan kecil atau snack yang bisa dia genggam, kemampuan motorik anak juga berkembang. 

Agar aman, berikan finger food yang sudah dipotong kecil-kecil agar buah hati tidak tersedak. Pastikan juga makanan tersebut cukup lunak biar mudah dikunyah buah hati serta bergizi. 

Merangkum Today's Parent, berikut finger food yang bisa diberikan pada bayi untuk makanan ringan mereka.

Baca Juga: Freeport Indonesia Buka Lowongan Kerja 2022 Terbaru Buat Fresh Graduate, Ini Infonya

  • Sayuran

Sayuran, seperti wortel dan brokoli, bisa Anda jadikan finger food untuk bayi. Agar tidak keras dan mudah digigit, rebus terlebih dahulu wortel dan brokoli yang sudah dipotong kecil.  

Timun juga bisa Anda jadikan snack sehat untuk buah hati. Potong memanjang timun dengan ukuran yang bisa digenggam buah hati. Snack timun cocok untuk buah hati yang sudah mulai tumbuh gigi. 

  • Buah

Selain sayuran, finger food sehat bisa dibuat dari buah segar. Pisang menjadi makanan ringan yang paling mudah diberikan pada bayi. Selain mudah dikunyah, pisang juga cukup terjangkau. 

Anda juga bisa memberikan buah mangga hingga stroberi sebagai finger food untuk bayi. Potong-potong buah tersebut agar mudah digenggam oleh anak. Tambahkan sedikit gula jika dirasa buah tersebut terlalu asam. 

  • Roti dan nasi

Sumber karbohidrat, seperti roti tawar dan nasi, bisa juga menjadi finger food. Potong-potong memanjang roti tawar lalu panggang sebentar dengan sedikit mentega dan gula. 

Untuk nasi, Anda bisa membuat bola-bola nasi agar mudah dimakan bayi. Pancake isi selai coklat atau kacang juga bisa Anda jadikan snack

Setelah selesai dibuat, potong-potong memanjang pancake agar mudah dipegang bayi.

Jika ada ubi manis di rumah, bisa juga Anda jadikan finger food. Potong-potong ubi manis lalu panggang hingga matang. Sajikan untuk bayi setelah dingin. 

Untuk bayi yang belum tumbuh gigi, Anda bisa memberikan pasta rebus untuk mereka. Tekstur pasta yang kenyal memudahkan buah hati untuk mengunyah meski belum memiliki gigi. 

Baca Juga: Hati-Hati, Ini Dampak Sering Menaruh HP di Dekat Kepala saat Tidur, Simak Apa Saja

  • Telur

Finger food yang terbuat dari telur bisa Anda berikan untuk buah hati. Buat telur dadar lalu potong-potong memanjang agar mudah dipegang buah hati. 

Telur orak-arik dengan memiliki bulatan besar dan telur rebus bisa juga diberikan pada anak. 

Anda juga bisa merebus telur lalu memotongnya untuk diberikan kepada buah hati agar dia lebih mudah memegang dan memakan telur tersebut.

  • Daging dan keju

Sumber protein seperti daging ayam, keju, dan tahu bisa menjadi alternatif finger food yang sehat. Rebus daging ayam hingga matang, lalu suwir-suwir agar mudah diambil bayi. 

Untuk keju dan tahu, potong kotak-kotak agar buah hati mudah memegangnya. Jangan lupa rebus tahu hingga matang agar terbebas dari bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru