kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anak-anak tetap bisa tularkan Virus Corona meski punya antibodi


Rabu, 09 September 2020 / 15:24 WIB
Anak-anak tetap bisa tularkan Virus Corona meski punya antibodi
ILUSTRASI. Virus Corona masih bisa menyebar meski tubuh anak-anak memiliki antibodi. REUTERS/Kham


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak penelitian terkait Virus Corona yang terus dilakukan hingga sekarang. Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Children’s National Hospital.

Melansir DNA India, penelitian itu dilakukan untuk melihat berapa waktu yang dibutuhkan agar Virus Corona. Selain itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui kapan antibodi terbentuk.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Pediatrics menunjukkan, Virus Corona dan antibodi dapat hidup berdampingan pada pasien muda.

Burak Bahar, MD, Direktur Laboratory Informatics di Children’s National mengatakan, biasanya virus tak terdeteksi lagi saat antibodi ditemukan. Namun, dalam kasus Covid-19, kedua hal itu bisa dilihat bersamaan. Artinya, anak-anak masih berpotensi menyebarkan Virus Corona meski memiliki antibodi.

Baca Juga: Corona lampaui 200.000, epidemiolog: Ubah strategi atau hal terburuk bisa terjadi

Bahar menambahkan, fase penelitian berikutnya akan menguji apakah virus yang berdampingan dengan antibodi bisa disebarkan ke orang lain atau tidak. Hal lain yang belum bisa diketahui adalah kondisi antibodi yang terbentuk.

Para peneliti belum bisa menentukan apakah antibodi berkaitan dengan sistem imun atau tidak. Selain itu, para peneliti juga berusaha mengetahui bagaimana efektivitas antibodi dalam menjaga tubuh dari infeksi Virus Corona lagi (reinfection).

Mengutip dari DNA India, penelitian tersebut juga menakar waktu pembersihan virus dan respons imunologi. Hasilnya, waktu virus positif menuju negatif hingga virus tak lagi bisa terdeteksi adalah 25 hari.

Baca Juga: Hati-hati! Klaster keluarga Covid-19 terus bermunculan

Waktu kemunculan antibodi dalam darah adalah 18 hari. Sedangkan waktu menetralkan antibodi adalah 36 hari. Menetralkan antibodi adalah penting karena bisa menjaga seseorang dari serangan infeksi Virus Corona lagi.

Karena Vaksin Virus Corona belum ditemukan, protokol kesehatan Covid-19 harus selalu diterapkan. Usahakan untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah yang tak perlu. Jika memang harus berada di luar rumah, jangan lupa untuk jaga jarak, menggunakan masker, dan sering cuci tangan.

Selanjutnya: Update virus corona: Sindrom peradangan bisa merusak jantung anak-anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×