Aman untuk Anak-Anak, 10 Bahan Alami Ini Bisa Menjadi Obat Sariawan

Rabu, 20 April 2022 | 05:57 WIB Sumber: Kompas.com
Aman untuk Anak-Anak, 10 Bahan Alami Ini Bisa Menjadi Obat Sariawan

ILUSTRASI. Aman untuk Anak-Anak, 10 Bahan Alami Ini Bisa Menjadi Obat Sariawan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada berbagai macam obat sariawan yang bisa dibeli di apotik. Selain obat-obatan apotik, sejumlah bahan alami yang tersedia di rumah dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan yang praktis.

Sariawan adalah luka terbuka yang terbentuk di dinding bagian dalam mulut, gusi, atau lidah. Rasa nyeri sariawan bisa terasa sangat mengganggu, terutama ketika mulut dalam kondisi kering.

Biasanya, sariawan bisa sembuh sendiri dalam hitungan minggu. Namun, ada beberapa bahan alami yang bisa menjadi obat mengatasi sariawan agar cepat sembuh.

Beberapa bahan yang jamak tersedia di rumah dapat digunakan sebagai obat sariawan alami, seperti:

  • Air garam

Bahan alami pertama yang bisa menjadi obat sariawan adalah garam. Dilansir dari Healthline, larutan air garam dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan sariawan.

Cara menyembuhkan sariawan secara alami dengan larutan air garam yakni siapkan dulu satu sendok teh garam yang dicampur dengan setengah cangkir air hangat. Gunakan larutan air garam ini untuk berkumur selama 15 detik sampai 30 detik. Ulangi beberapa kali sehari sampai sariawan membaik.

Baca Juga: Awas, Bahan makanan Ini Bisa Merugikan Kesehatan & Menyebabkan Gangguan Fungsi Hati

  • Soda kue

Bahan alami kedua yang bisa menjadi obat sariawan adalah soda kue. Dikutip dari Medical News Today, soda kue dapat mengembalikan keseimbangan kadar keasaman di mulut dan mengurangi peradangan sariawan.

Cara menyembuhkan  sariawan secara alami dengan soda kue yakni larutkan satu sendok teh soda kue ke dalam setengah gelas air. Seperti larutan air garam, gunakan larutan soda kue untuk berkumur selama 15—30 detik.

  • Yogurt

Bahan alami ketiga yang bisa menjadi obat sariawan adalah yogurt. Penyebab sariawan terkadang berasal dari infeksi bakteri Helicobacter pylori. Untuk itu, coba atasi masalah kesehatan ini dengan probiotik alami yang dapat membantu membasmi bakteri penyebab masalah kesehatan ini.

Yogurt termasuk probiotik alami yang dapat membantu mencegah dan mengobati sariawan. Saat penyakit ini kambuh, makan satu porsi yogurt per hari.

  • Madu

Bahan alami keempat yang bisa menjadi obat sariawan adalah madu. Madu bisa membantu mengatasi sariawan karena memiliki formula antibakteri dan antiperadangan.

Cara menyembuhkan sariawan secara alami dengan madu yakni oleskan bahan alami ke bagian sariawan setidaknya empat kali sehari sampai gejala penyakit membaik.

  • Minyak kelapa

Bahan alami kelima yang bisa menjadi obat sariawan adalah minyak kelapa. Studi menunjukkan, minyak kelapa memiliki kadungan zat antimikroba dan mengatasi peradangan sariawan.

Cara menyembuhkan sariawan secara alami dengan minyak kelapa cukup mudah. Oleskan obat sariawan alami ini ke bagian yang sakit beberapa kali sehari sampai sembuh.

  • Chamomile

Bahan alami keenam yang bisa menjadi obat sariawan adalah chamomile. Chamomile dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit, termasuk untuk sariawan.

Cara menyembuhkan sariawan secara alami dengan chamomile juga mudah. Gunakan teh celup chamomile sebagai kompres di bagian sariawan. Atau, bisa juga dengan berkumur menggunakan seduhan chamomile.

  • Echinacea

Bahan alami ketujuh yang bisa menjadi obat sariawan adalah echinacea. Bahan alami ini mengandung zat yang dapat membantu menyembuhkan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga potensial membantu mengobati sariawan.

Cara menyembuhkan sariawan seccara alami dengan echinacea adalah dengan minum seduhan echinacea atau berkumur dengan wedang echinacea.

  • Lidah buaya

Bahan alami kedelapan yang bisa menjadi obat sariawan adalah lidah buaya. Kandungan zat antiperadangan dalam lidah buaya juga potensial untuk mengatasi sariawan.

Cara menyembuhkan sariawan secara alami dengan lidah buaya adalah oleskan gel dari tanaman lidah buaya ke bagian sariawan beberapa kali sehari sampai sembuh.

  • Makanan tinggi vitamin B12

Bahan alami kesembilan yang bisa menjadi obat sariawan adalah makanan tinggi vitamin B12. Kekurangan vitamin B12 bisa jadi salah satu penyebab sariawan sering kambuh.

Untuk itu, pastikan Anda mencukupi kebutuhan vitamin B12 setiap hari. Saat sariawan kambuh, coba konsumsi makanan tinggi vitamin B12 seperti ikan, daging, kerang, telur, susu, atau keju.

  • Makanan tinggi vitamin C

Bahan alami ke-10 yang bisa menjadi obat sariawan adalah makanan tinggi vitamin C. Vitamin C dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, termasuk untuk sariawan.

Untuk itu, coba konsumsi makanan tinggi vitamin C saat sariawan kambuh. Anda bisa makan jeruk, jambu biji, kiwi, pepaya, mangga, stroberi, atau paprika.

Kapan perlu ke dokter saat sariawan?

Apabila beragam obat sariawan alami di atas sudah dijajal tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Terutama jika luka sariawan tak kunjung membaik setelah tiga minggu, luka sariawan bikin susah makan, sariawan disertai badan meriang atau tidak enak badan, atau sariawan terus-menerus kambuh.

Beberapa kondisi di atas bisa jadi indikasi sariawan muncul karena gangguan pencernaan atau masalah kesehatan lainnya yang membutuhkan penanganan medis.

Itulah berbagai bahan alami yang bisa menjadi obat sariawan. Jika sakit berlanjut, segera hubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Obat Sariawan Alami yang Praktis",


Penulis : Mahardini Nur Afifah
Editor : Mahardini Nur Afifah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru