Awas, Bahan makanan Ini Bisa Merugikan Kesehatan & Menyebabkan Gangguan Fungsi Hati

Senin, 18 April 2022 | 05:49 WIB Sumber: Kompas.com
Awas, Bahan makanan Ini Bisa Merugikan Kesehatan & Menyebabkan Gangguan Fungsi Hati

ILUSTRASI. Awas, Bahan makanan Ini Bisa Merugikan Kesehatan & Menyebabkan Gangguan Fungsi Hati


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Apa yang kita makan sangat mempengaruhi fungsi organ tubuh dan kesehatan. Sejumlah bahan makanan ini bisa menyebabkan gangguan fungsi hati manusia.

Hati adalah organ vital yang sangat berpengaruh pada metabolisme, penyimpanan energi, dan penyaringan limbah. Hati membantu mencerna makanan dan mengubanya menjadi energi sekaligus menyimpannya untuk kebutuhan tubuh di kemudian hari.

Selain itu, hati juga berperan penting dalam menyarng zat beracun dari aliran darah. Ketika organ hati bermasalah, tentu racun tersebut bisa kembali ke aliran darah dan merusak semua sistem di tubuh kita.

Makanan yang merusak dan mengganggu fungsi hati

Untuk menjaga kesehatan hati, ada beberapa jenis makanan yang harus kita hindari. Berikut jenis makanan yang berdampak buruk kesehatan dan mengganggu fungsi hati:

1. Makanan berlemak atau cepat saji

Makanan pertama yang bisa menyebabkan gangguan fungsi hati adalah makanan berlemak atau cepat saji. Kentang goreng, wafer, burger, dan pizza adalah jenis makanan yang bisa merusak hati.

Makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh atau lemak trans yang tinggi dan sulit untuk dicerna. Dengan kata lain, hati Anda perlu bekerja keras untuk memproses makanan ini.

Lemak jenuh yang tinggi dapat menimbulkan peradangan dari waktu ke waktu dan akhirnya berubah menjadi sirosis. Lemak jenuh juga dapat meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Baca Juga: Kondisi Mata Bisa Untuk Deteksi Penyakit Kanker, Diabetes dll, Ini Ciri-Cirinya

2. Makanan tinggi garam

Makanan kedua yang bisa menyebabkan gangguan fungsi hati adalah makanan tinggi garam. Asupan garam yang berlebihan dapat menyebabkan retensi air dalam tubuh. Anda harus menghindari konsumsi makanan olahan yang kaya akan kandungan natrium.

Hindari camilan kemasan seperti keripik, campuran, biskuit asin, dan sejenisnya karena kaya akan lemak jenuh dan garam. Keju olahan juga buruk bagi hati Anda karena termasuk dalam kategori makanan olahan dan memiliki kandungan natrium dan lemak jenuh yang tinggi.

3. Daging merah

Makanan ketiga yang bisa menyebabkan gangguan fungsi hati adalah daging merah. Daging merah memang tinggi protein namun sangat susah dicerna oleh hati. Memecah protein adalah hal sulit bagi hati dan bisa menyebabkan berbagai kerusakan.

Selain itu, penumpukan protein berlebih di hati dapat menyebabkan penyakit hati berlemak yang dapat memiliki efek buruk pada otak dan ginjal.

4. Alkohol

Bahan makanan lain yang bisa menyebabkan gangguan fungsi hati adalah yang mengandung alkohol. Saat dicerna di hati, alkohol bisa menyebabkan reaksi kinia yang merusak sel-sel hati, memicu peradangan, kematian sel, dan jaringan parut, Konsumsi alkhohol berlebihan juga dapat memblokir penyerapan nutrisi, meningkatkan efek toksik pada hati.

Konsumsi alkohol berlebihan untuk waktu yang lama menyebabkan sirosis hati yang merupakan jaringan parut ireversibel pada hati.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Jenis Makanan Ini Bisa Mengancam Fungsi Hati",

Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru