kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,40   8,81   0.99%
  • EMAS1.332.000 0,60%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aman, Ini 8 Buah untuk Penderita Sakit Ginjal yang Mudah Dikonsumsi


Kamis, 05 Oktober 2023 / 12:39 WIB
Aman, Ini 8 Buah untuk Penderita Sakit Ginjal yang Mudah Dikonsumsi
ILUSTRASI. Aman, Ini 8 Buah untuk Penderita Sakit Ginjal yang Mudah Dikonsumsi


Penulis: Bimo Kresnomurti

Buah untuk Sakit Ginjal- JAKARTA. Simak sederet buah untuk penderita sakit ginjal yang mudah ditemui. Faktor perubahan kinerja ginjal tentu memerlukan konsumsi makanan yang sehat.

Setiap buah memiliki kualitas khusus tampilan dan rasanya unik serta menawarkan manfaat nutrisi yang berbeda. Memahami apa yang disediakan setiap jenis buah akan membantu Anda merencanakan makanan ramah ginjal.

Perhatikan bahwa ukuran porsi adalah kunci untuk diet ramah ginjal dan, secara umum, satu porsi buah setara dengan sekitar satu setengah cangkir buah mentah.

Penderita sakit ginjal perlu membatasi atau menghindari beberapa zat tertentu untuk menjaga kesehatan ginjal.

Baca Juga: 7 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa untuk Turunkan Kadar Asam Urat

Buah buahan

Zat yang dihindari penderita sakit ginjal

Berikut adalah beberapa zat yang perlu dihindari atau dibatasi oleh penderita sakit ginjal:

  • Protein berlebihan: Konsumsi protein berlebihan dapat meningkatkan beban kerja ginjal, karena ginjal harus memproses produk sampingan metabolisme protein (urea). Penderita sakit ginjal perlu mengontrol asupan protein dan mungkin perlu membatasinya sesuai dengan rekomendasi dokter.
  • Natrium (Garam): Natrium dapat menyebabkan retensi air dan meningkatkan tekanan darah, yang dapat membebani ginjal. Penderita sakit ginjal perlu membatasi konsumsi garam dan makanan olahan yang mengandung natrium tinggi.
  • Kalium: Penderita sakit ginjal mungkin memiliki masalah dalam menghilangkan kalium dari tubuh. Kadar kalium yang tinggi dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur. Mereka harus membatasi konsumsi makanan kaya kalium seperti pisang, jeruk, kentang, dan tomat.
  • Fosfor: Tingkat fosfor yang tinggi dalam darah dapat terjadi pada penderita sakit ginjal dan menyebabkan masalah tulang dan jantung. Penderita sakit ginjal perlu membatasi konsumsi makanan kaya fosfor, seperti susu, keju, kacang-kacangan, dan makanan olahan.
  • Kalsium: Meskipun kalsium penting untuk kesehatan tulang, penderita sakit ginjal perlu memperhatikan asupan kalsium karena tingkat yang tinggi dapat berhubungan dengan penyakit jantung pada mereka yang mengalami gangguan ginjal.
  • Oksalat: Oksalat adalah senyawa yang dapat membentuk batu ginjal. Penderita sakit ginjal perlu membatasi makanan tinggi oksalat seperti bayam, bit, cokelat, dan kacang-kacangan.
  • Purin: Penderita sakit ginjal perlu membatasi konsumsi makanan tinggi purin karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Makanan tinggi purin meliputi daging merah, jeroan, dan beberapa jenis ikan.

Nah, Anda bisa memilih buah berikut ini yang memiliki kandungan potasium rendah agar kinerja ginjal masih optimal.

Intip daftar 8 buah untuk penderita sakit ginjal yang bisa dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam menu dirangkuam dari laman Fresensius Kidney Care.

Baca Juga: Bikin Ginjal Sehat, Ini Manfaat Air Rendaman Mentimun yang Kaya Mineral dan Vitamin

Buah untuk penderita sakit ginjal

1. Buah beri

Buah ini salah satu rendah potasium dan tinggi antioksidan, serat, dan vitamin C, buah beri rendah gula bila dikonsumsi dalam porsi sederhana, yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

2. Lemon dan jeruk nipis

Buah Lemon dan sejenisnya diklaim memiliki potasium rendah dan tinggi vitamin C. Lemon dan jeruk nipis juga memiliki kandungan gula yang lebih rendah bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit.

Buah ini dapat digunakan dalam masakan sebagai pengganti garam untuk menonjolkan cita rasa alami suatu hidangan.

3. Nanas

Rendah potasium, nanas mengandung bromelain, enzim tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri pada persendian.

4. Apel

Rendah potasium dan kaya serat serta vitamin C, apel juga mengandung polifenol tumbuhan, yaitu senyawa pelawan penyakit yang terdapat pada tumbuhan.

5. Buah Ceri

Tinggi serat dan vitamin C serta kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, ceri juga dapat mengurangi gejala asam urat, yang dapat menjadi kekhawatiran bagi penderita 

6. Anggur

Tinggi vitamin K, anggur juga merupakan sumber vitamin B yang baik seperti tiamin, riboflavin, dan B6. Vitamin B dapat meningkatkan energi.

7. Semangka

Meskipun sebagian besar melon mengandung potasium tinggi, semangka adalah buah yang rendah potasium. Ia juga tinggi vitamin A dan C, magnesium, dan likopen, antioksidan kuat.

Semangka dapat menyumbang sejumlah besar gula alami dan cairan ke dalam makanan, jadi pertahankan porsi 1/2 cangkir untuk memperhatikan asupan cairan.

8. Alpukat

Meski tinggi serat, magnesium, dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat yang menurunkan kolesterol LDL, Alpukat hanya boleh dimakan dalam porsi kecil karena kaya akan potasium.

Buah yang perlu dihindari

Satu-satunya buah yang harus dihindari adalah buah belimbing karena mengandung racun saraf yang dapat menyebabkan masalah neurologis dan keracunan bagi orang yang menjalani dialisis.

Buah-buahan terkadang mendapat reputasi buruk karena kandungan potasiumnya, yang harus dibatasi oleh sebagian penderita CKD.

Dengan daftar buah memang memiliki potasium yang tinggi, Anda bisa menikmatinya dalam porsi kecil sehingga sehingga dapat memperoleh manfaat dari nutrisinya sekaligus menjaga kadar potasium tetap terkendali.

Tingkat potasium sendiri akan menentukan apakah harus lebih berhati-hati saat memilih buah terbaik.

Demikian informasi terkait buah untuk penderita sakit ginjal yang bisa jadi opsi menu makanan sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×