kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aman, Ini 5 Cara Turunkan Berat Badan dalam Waktu 1 Minggu


Senin, 19 Desember 2022 / 10:20 WIB
Aman, Ini 5 Cara Turunkan Berat Badan dalam Waktu 1 Minggu
ILUSTRASI. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dalam waktu satu minggu secara aman.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banyak orang memimpikan punya berat badan yang ideal. Namun, tak jarang mereka menginginkan berat badan ideal secara sekejap, tanpa mempelajari terlebih dahulu risiko yang mungkin bisa dihadapinya. 

Memang, menurunkan berat badan dalam jangka waktu satu minggu bisa dilakukan. Namun, cara ini tidak disarankan oleh para ahli kesehatan. 

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, secara teknis, kita bisa menurunkan berat badan hingga 4,5 kg dalam jangka waktu satu minggu. Namun, hal ini sangat berisiko apabila tidak diawasi oleh tenaga kesehatan. 

Beberapa risiko yang mungkin dihadapi karena penurunan berat badan secara drastis meliputi peningkatan batu empedu, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, sakit kepala, lelah, dan terganggunya siklus haid. 

Lalu, berapa penurunan berat badan yang disarankan? 

Baca Juga: Lemak perut menumpuk di usia 40 tahun, ini cara menghilangkannya

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, jumlah penurunan berat badan yang aman adalah sekitar 1 hingga 2 pon atau setara dengan 0,5 kg hingga 1 kg per minggu. Namun, hasilnya akan berbeda pada tiap individu tergantung pola dan kondisi tubuh masing-masing. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan dalam waktu satu minggu secara aman. 

1. Kurangi konsumsi karbohidrat 

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Cara ini bisa dilakukan dengan pola makan rendah karbohidrat dan menggantinya dengan biji-bijian. 

Menurut sebuah studi berjudul “The Effects of a Low-Carbohydrate Ketogenic Diet and a Low-Fat Diet on Mood, Hunger, and Other Self-Reported Symptoms”, diet rendah karbohidrat akan menurunkan rasa lapar sehingga konsumsi kalori pun menjadi rendah. 

Baca Juga: 5 Cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu dengan aman

Di samping itu, konsumsi makanan karbohidrat kompleks dan rendah kalori, seperti biji-bijian, akan mendapat membuat kenyang lebih lama. Hal ini disebabkan, kandungan serat yang tinggi pada biji-bijian dan waktu mencerna yang lama. Cara ini pun terbukti dapat menurunkan berat badan. 




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×