Aman dilakukan, coba 4 cara menurunkan berat badan ini, yuk

Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:47 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Aman dilakukan, coba 4 cara menurunkan berat badan ini, yuk

ILUSTRASI. Ada beragam cara menurunkan berat badan yang aman untuk Anda lakukan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beragam cara menurunkan berat badan bisa Anda praktikkan. Tak perlu khawatir, cara-cara di bawah ini cukup aman untuk Anda lakukan. Dengan melakukannya secara teratur, tak hanya berat badan ideal yang Anda dapat, kesehatan tubuh pun bisa terjaga.

Pertama, tentu saja Anda perlu meningkatkan aktivitas fisik. Web MD (webmd.com) merekomendasikan Anda untuk berjalan sebanyak 10.000 langkah per hari. Untuk memudahkan penghitungan, tak ada salahnya untuk membawa pedometer atau alat pengukur langkah.

Setelah terbiasa, cobalah untuk menambah intensitas olahraga. Anda bisa jogging, bersepeda, berenang, atau jenis olahraga lain. Apakah hal-hal itu sudah cukup sebagai penurun berat badan? Supaya hasilnya maksimal, imbangi dengan kegiatan-kegiatan di bawah ini.

Perhatikan Minuman Berkalori

Minuman manis atau minuman berkalori yang lain tidak bisa membuat Anda kenyang. Makanya, Anda perlu berhati-hati terhadap minuman yang Anda konsumsi. Alih-alih mengonsumsi jenis minuman itu, lebih baik minum air putih, infused water, jus buah dan sayur tanpa pemanis, dan minuman sehat lainnya.

Baca Juga: Ini cara konsumsi lidah buaya untuk mengontrol gula darah

Jangan Lupa Sarapan

Selalu sarapan bisa jadi cara menurunkan berat badan.

Banyak orang memiliki anggapan bahwa berat badan ideal bisa didapat jika Anda mengurangi jadwal makan. Hal itu tidak sepenuhnya benar, apalagi jadwal makan yang Anda lewatkan adalah sarapan.

Saat Anda tak sarapan, Anda akan merasa lebih lapar. Akibatnya, Anda makan secara berlebihan di siang hari. Usahakan untuk selalu sarapan, ya. Anda bisa memasukkan sumber protein, seperti telur, ke menu diet yang Anda konsumsi di pagi hari.

Atur Makan yang Anda Konsumsi

Berat badan ideal bisa Anda dapat dengan mengatur makanan yang Anda konsumsi. Mengutip dari Web MD, cobalah untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur serta batasi makanan yang memiliki banyak kalori dan lemak.

Baca Juga: Camilan ini bisa menurunkan kolesterol, mulai edamame hingga popcorn

Perbanyak Asupan Protein

Cara menurunkan berat badan adalah memperbanyak asupan protein.

Cara menurunkan berat badan selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperbanyak asupan protein. Protein adalah salah satu jenis nutrisi yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Ada banyak sumber protein yang bisa Anda jadikan pilihan. Mulai dari telur, kacang almond, selai kacang, yogurt rendah lemak, dan lain-lain. Selain berguna sebagai penurun berat badan, sumber protein juga bisa mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh.

Selanjutnya: 5 Camilan untuk penderita diabetes yang bisa jadi opsi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru