Penyakit Menular

Alami efek samping, Andrea Dian berhenti konsumsi chloroquine saat masa isolasi

Minggu, 05 April 2020 | 07:24 WIB Sumber: Kompas.com
Alami efek samping, Andrea Dian berhenti konsumsi chloroquine saat masa isolasi

ILUSTRASI. Ilustrasi virus corona

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Artis peran Andrea Dian berhenti mengonsumsi obat chloroquine selama menjalani masa isolasi di RS Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat. Istri Ganindra Bimo ini berhenti mengonsumsi obat tersebut setelah mengalami efek samping yang tak mengenakkan. 

Adapun, saat ini, Andrea Dian tengah dalam perawatan di RS Darurat Wisma Atlet usai dirinya dinyatakan positif virus corona 

"Pindah ke Wisma Atlet, saya dapat chloroquine, tetapi sepertinya saya tidak cocok, karena ada efek samping yang saya dapat," ucap Andrea Dian dalam insta story-nya seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (4/4). 

Baca Juga: Artis Andrea Dian positif terinfeksi corona, begini curhatannya

Menurut Andrea, efek samping yang ia rasakan cukup banyak. Mulai dari cemas, mual, muntah, pusing, jantung berdebar, napas pendek, hingga tremor pada tangan. Setelah diobservasi oleh tim medis, Andrea diputuskan tak lagi mengonsumsi obat tersebut. 

"Jadi jika kamu mengalami efek samping setelah minum (chloroquine), lapor ke perawat ya. Semoga cepat sembuh," ucap Andrea. 

Dalam unggahan insta story lainnya, Andrea menyatakan bahwa ia mengonsumsi chloroquine bersama asupan lainnya yang disediakan oleh tim medis. Misalnya multivitamin, vitamin C 500 mg, makan tiga kali sehari, air putih dua liter per hari, serta empat jenis obat termasuk chloroquine. 

Menurut Andrea, chloroquine menjadi salah satu obat yang digunakan oleh pasien Covid-19. Namun, Andrea menyarankan agar masyarakat tak sembarangan mengonsumsi obat tersebut tanpa resep dokter. 

"Karena efeknya sangat berbahaya. Tidak semua orang cocok," ujar Andrea.  

Baca Juga: Berlomba-lomba menciptakan vaksin corona, negara mana yang memimpin?

Adapun, Andrea mengonfirmasi dirinya positif Covid-19 pada Minggu (22/3). Kala itu, Andrea mengaku pada awalnya mengalami demam. Kemudian, ia sempat diagnosis demam berdarah ketika periksa ke rumah sakit. 

Andrea periksa lagi dan menemukan flek pada paru-parunya. Setelah itu, Andrea memutuskan tes swab dan barulah diketahui ia positif Covid-19.  Andrea Dian pertama kali mengetahui kondisi tersebut pada 18 Maret 2020. (Andika Aditia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Andrea Dian Diberi Obat Chloroquine, Alami Mual hingga Jantung Berdebar".


Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru