kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agar Wanita Puasa Sebulan Penuh, Ini Cara Mencegah Menstruasi


Rabu, 06 April 2022 / 07:44 WIB
Agar Wanita Puasa Sebulan Penuh, Ini Cara Mencegah Menstruasi
ILUSTRASI. Agar Wanita Puasa Sebulan Penuh, Ini Cara Mencegah Menstruasi


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara mencegah menstruasi pada bulan puasa Ramadan. Cara mencegah menstruasi ini bisa membantu para wanita menjalani ibadah puasa Ramadan tahun 2022 selama sebulan penuh.

Menjalani puasa selama sebulan penuh adalah hal yang mustahil bagi beberapa wanita. Sebab, wanita harus melalui masa menstruasi yang tak memperbolehkan mereka untuk berpuasa.

Jika hal itu terjadi, mereka harus menggantinya di luar bulan ramadhan. Bagi sebagian orang, hal itu tentu terasa menjengkelkan karena menjalani ibadah puasa sebulan penuh adalah hal yang paling dinantikan.

Terkadang, beberapa wanita mencoba mengakalinya dengan menunda atau mencegah fase menstruasi mereka. Sayangnya, cara yang dilakukan untuk mencegah menstruasi biasanya berbahaya.

Namun, adakah cara aman untuk menunda atau mencegah masa menstruasi?

Menurut pakar obgyn Cleveland Clinic Stacie Jhaveri mengatakan bahwa banyak orang berpikir menunda atau mencegah menstruasi adalah hal yang tak aman. Padahal, hal itu sebenarnya tidak berbahaya jika dilakukan dengan aman. "Entah itu selama seminggu, sebulan atau bahkan dalam jangka panjang, menstruasi Anda bisa ditunda," ucapnya.

Beberapa orang ingin menunda atau mencegah menstruasi mereka karena acara khusus seperti pernikahan atau bulan madu. Adapula yang ingin menunda atau mencegah menstruasi karena ingin berpuasa sebulan penuh.

Siklus menstruasi di tubuh biasanya terjadi antara 21 hingga 35 hari. Semua itu terjadi karena faktor hormonal. “Estrogen adalah hormon yang membuat jaringan menumpuk di rahim, yang memberikan lapisan bantalan yang bagus untuk penanaman janin” kata Jhaveri.

Baca Juga: Simak! 5 Tips Puasa yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Jika Anda tidak hamil, jaringan itu perlu ditumpahkan sehingga memicu pendarahan yang disebut menstruasi. Setelah Anda berovulasi, progesteron juga dilepaskan dan membantu Anda tetap hamil. Tetapi jika Anda tidak hamil pada siklus itu, progesteron hilang dan saat itulah menstruasi datang.

Penurunan progesteron menyebabkan rahim Anda melepaskan lapisannya, yang menghasilkan suatu periode. “Memperpanjang progesteron, itulah cara paling efektif untuk menunda menstruasi Anda. Jadi, kamu memalsukan tubuhmu dengan berpikir kamu hamil," tambah Jhaveri.

Cara menunda dan mencegah menstruasi

Jika Anda ingin menunda menstruasi, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter kandungan. “Tingkat keberhasilannya akan sangat berbeda berdasarkan kapan Anda mencoba siklus Anda dan metode apa yang Anda gunakan,” kata Jhaveri.

Jika Anda tahu ada acara penting yang akan datang dalam beberapa bulan ke depan dan ingin menunda menstruasi, semakin cepat Anda dapat merencanakannya dengan dokter Anda, maka hasilnya semakin baik. Namun, tidak ada cara yang bisa dilakukan ketika menstruasi telah dimulai.

Berikut beberapa cara aman yang bisa digunakan untuk menunda dan mencegah menstruasi:

1. Pil KB

Cara pertama mencegah menstruasi adalah minum pil KB. Pil KB biasanya tersedia dalam kemasan 28 pil. Biasanya, Anda akan meminum pil aktif selama tiga minggu, yang mengandung hormon. Kemudian, selama minggu keempat, Anda akan minum pil plasebo, yang tidak mengandung hormon.

Jika Anda ingin menunda dan mencegah menstruasi, Anda dapat melewati minggu plasebo dan mulai meminum pil yang baru. Cara itu akan menjaga kadar estrogen dan progesteron Anda tetap tinggi, sehingga lapisan rahim Anda tidak akan luruh.

Meskipun Anda dapat terus minum pil dengan hormon untuk mencegah menstruasi, Dr. Jhaveri merekomendasikan untuk membicarakan cara ini dengan dokter Anda. "Minum pil KB memang bisa menunda menstruasi. Namun, Anda tetap harus mengalami fase menstruasi setiap tiga atau empat bulan untuk menyingkirkan jaringan tambahan yang menumpuk. Sebab, penumpukan jaringan dapat menyebabkan pendarahan yang tidak teratur,” kata Jhaveri.

2. Suntikan KB

cara kedua mencegah menstruasi adalah dengan suntikan KB. Anda bisa mendapatkan suntikan KB setiap tiga bulan, yang mengandung progesteron dosis tinggi. “Suntikan itu memiliki keberhasilan tertinggi dalam menunda menstruasi Anda dalam jangka panjang karena dapan menekan estrogen dan menekan penumpukan jaringan,” ucap Jhaveri.

Jika Anda benar-benar perlu menahan menstruasinya karena aliran deras atau masalah lain, suntikan KB memiliki peluang keberhasilan yang tinggi. Namun, hal itu bisa memicu efek samping seperti kembung, perubahan suasana hati, dan penambahan berat badan.

3. Implan

Cara ketiga mencegah menstruasi adalah implan. Implan adalah pilihan pengendalian kelahiran lain yang berpotensi menunda menstruasi. Implan berbentuk batang fleksibel tipis, yang melepaskan progesteron.

Implan digunakan dengan cara dimasukkan di bawah kulit di lengan atas Anda. “Implan memiliki manfaat yang sama dengan suntikan dan sangat efektif, dan Anda bisa melepasnya kapanpun Anda mau," ucap Jhaveri.

Itulah berbagai cara untuk menunda dan mencegah menstruasi. Apapun alasan Anda untuk menunda menstruasi, sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter. Melakukannya secara sembarangan bisa membahayakan kesehatan Anda. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1443 H atau tahun 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Menunda Menstruasi ",


Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×