Simak! 5 Tips Puasa yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Rabu, 06 April 2022 | 05:36 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Simak! 5 Tips Puasa yang Aman Bagi Penderita Diabetes

ILUSTRASI. Cek gula darah adalah salah satu tips menjalankan puasa yang aman bagi penderita diabetes.


KONTAN.CO.ID - Menjalan ibadah puasa merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam di seluruh dunia. Namun bagi penderita diabetes, Anda perlu berhati-hati karena berpuasa dapat menimbulkan risiko komplikasi jika tidak dilakukan dengan benar. 

Meski menderita diabetes, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar bisa menjalankan ibadah puasa dengan aman dan lancar. 

Sebelum berpuasa, tidak ada salahnya Anda berkonsultasi ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

Baca Juga: Simak! 7 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan, Cocok Dikonsumsi Saat Buka Puasa dan Sahur

Melansir dari Virta Health, berikut beberapa tips puasa yang aman bagi penderita diabetes. Di antaranya:

1. Konsultasi dengan Dokter Sebelum Puasa

Tips pertama adalah pastikan dokter Anda mengetahui rencana Anda untuk berpuasa. Pasalnya, puasa mempengaruhi kada gula darah dan tekanan darah Anda. Jadi, jika Anda sedang menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, dokter Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian selama Ramadan.

2. Menjaga Cairan Tubuh

Tips selanjutnya Anda harus menjaga cairan tubuh. Pastikan Anda minum cukup cairan selama sahur dan berbuka puasa. Jika cuaca kemarau selama Ramadan, cobalah untuk tetap berada di tempat yang sejuk dan batasi aktivitas fisik Anda untuk meminimalkan jumlah cairan yang hilang di siang hari.

3. Cek Gula darah Anda Saat Akan Berpuasa

Hal paling berbahaya yang bisa terjadi pada Anda saat berpuasa adalah gula darah rendah (peristiwa hipoglikemik), gula darah tinggi (peristiwa hiperglikemik), dan dehidrasi. 

Pastikan Anda memperhatikan tanda-tanda yang menyebabkan diabetes kambuh. Untuk itu, Menguji gula darah Anda sebelum menjalankan puasa adalah hal yang bijak untuk dilakukan.

Baca Juga: Cari Buah Untuk Dikonsumsi Saat Puasa? Simak 8 Manfaat Mengkonsumsi Pepaya Ini

4. Hindari Makanan Manis dan Karbohidrat Tinggi

Bagi Anda penderita diabetes menghindari makanan manis dan karbohidrat tinggi adalah hal yang harus dilakukan saat menjalankan puasa. Untuk itu, Anda harus pintar-pintar dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi saat buka puasa dan sahur.

5. Jangan Makan Berlebihan

Buka puasa adalah waktu yang ditunggu-tunggu saat menjalankan puasa. Namun, perlu Anda ketahui khususnya penderita diabetes jangan terlalu makan berlebihan.

Pasalnya, makan berlebihan setelah seharian berpuasa dapat memicu lonjakan gula darah yang notabene berbahaya bagi Anda penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru