kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Agar hidung bersih, ini cara menghilangkan komedo secara alami dan dengan obat


Senin, 09 Agustus 2021 / 07:58 WIB
Agar hidung bersih, ini cara menghilangkan komedo secara alami dan dengan obat
ILUSTRASI. Agar hidung bersih, ini cara menghilangkan komedo secara alami dan dengan obat


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara menghilangkan komedo di hidung bisa dilakukan secara alami maupun menggunakan obat-obatan. Simak cara menghilangkan komedo berikut ini agar menambah kepercayaan diri Anda.

Munculnya komedo di hidung bisa jadi kondisi yang sangat menjengkelkan. Komedo di hidung biasanya berupa bintik-bintik kecil gelap yang tidak mudah dihilangkan.

Komedo adalah salah satu jenis jerawat. Melansir Insider, masalah kulit ini muncul ketika pori-pori atau folikel rambut terisi sebum atau minyak alami, kotoran, sel kulit mati, dan bakteri. Ketika kotoran di pori-pori teroksidasi, permukaannya menjadi hitam dan muncul komedo.

Komedo rentan muncul di hidung karena bagian wajah ini memiliki lebih banyak kelenjar minyak ketimbang bagian tubuh lainnya. Namun, tidak semua bintik hitam di hidung adalah komedo. Beberapa di antaranya kemungkinan hanya lapisan pori-pori.

Karena komedo cukup keras dan letaknya di dalam pori-pori, masalah kulit ini tidak bisa hilang hanya dengan digosok. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo di hidung secara alami dan pakai obat yang bisa Anda jajal:

Baca juga: Pakai bahan alami, inilah 5 cara menghilangkan komedo

1. Cuci muka dua kali sehari

Cara pertama menghilangkan komedo di hidung adalah dengan mencuci muka dua kali sehari. Melansir Healthline, rutin mencuci muka penting untuk menghilangkan komedo yang membandel.

Bagi pemilik wajah berkomedo, pastikan Anda mencuci muka minimal dua kali sehari di pagi setelah bangun tidur dan malam hari menjelang tidur. Jika wajah habis banyak berkeringat seperti setelah berolahraga, cuci wajah lagi untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel di kulit. Selain itu, pastikan jaga kebersihan sarung bantal agar komedo dan jerawat tak rutin mampir.

2. Gunakan plester khusus pembersih komedo

Cara kedua menghilangkan komedo di hidung adalah menggunakan plester khusus. Plester ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan penyumbat pori-pori di hidung.

Namun, plester pembersih komedo biasanya tidak bisa mencegah komedo balik lagi karena tidak mengontrol produksi minyak. Agar hasil pembersih komedo di hidung lebih optimal, sebelum menggunakan plester khusus ini, pastikan Anda menghirup uap dari air panas untuk membuka pori-pori di hidung.

Setelah itu, baru gunakan plester khusus pembersih komedo. Perlu diingat, strip atau plester khusus komedo ini tak boleh digunakan setiap hari karena bisa menyebabkan kulit kering dan rentan iritasi.

Simak cara menghilangkan komedo di hidung di halaman selanjutnya




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×