Agar cepat sembuh, coba 5 cara mengobati sariawan ini

Senin, 02 Agustus 2021 | 10:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Agar cepat sembuh, coba 5 cara mengobati sariawan ini

ILUSTRASI. Berkumur dengan air garam bisa jadi salah satu cara mengobati sariawan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang pernah mengalami seriawan. Luka dalam mulut itu bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Supaya kondisi tubuh tak memburuk, ada beberapa cara mengobati sariawan yang layak untuk Anda coba.

Sebenarnya, seriawan bisa sembuh sendiri dalam jangka waktu dua minggu. Nah, beberapa cara dalam artikel ini berguna untuk mempercepat proses penyembuhan. Meski demikian, jika seriawan tak kunjung sembuh atau Anda mengalami kondisi yang lebih parah, jangan ragu untuk segera ke dokter, ya.

Beberapa cara di bawah ini hanya mampu mengobati seriawan yang terjadi karena faktor ringan. Untuk seriawan yang muncul akibat masalah kesehatan yang lebih serius, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

Pakai Obat Kumur Alami

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), menggunakan obat kumur antiseptik bisa mengurangi jumlah bakteri dalam mulut. Dengan begitu, seriawan bisa sembuh dengan lebih cepat. Selain memakai obat kumur yang dijual di pasaran, Anda bisa membuat obat kumur sendiri.

Caranya, campur 1 sdt garam dengan ½ gelas hangat. Anda bisa mengganti garam dengan baking soda. Setelah itu, gunakan air garam untuk berkumur sebanyak beberapa kali dalam sehari. Campuran tersebut akan mengeringkan seriawan sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.

Baca Juga: 5 Buah yang Ampuh Menyembuhkan Sariawan

Hindari Beberapa Jenis Makanan

Cara mengobati sariawan selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Mulai dari makanan pedas, makanan asin, dan makanan dengan rasa asam. Jenis makanan itu bisa memperparah seriawan sehingga proses penyembuhan lebih lama.

Gunakan Lidah Buaya

Obat seriawan berikutnya yang direkomendasikan Everyday Health adalah lidah buaya. Bahan alami itu mampu memicu peningkatan sistem imun dan mengandung antiinflamasi sehingga cocok digunakan untuk menyembuhkan seriawan.

Baca Juga: 4 Faktor penyebab sariawan yang perlu Anda waspadai

Manfaatkan Es Batu

Salah satu cara mengobati sariawan adalah dengan memanfaatkan es batu.

Jika Anda mencari cara mengobati sariawan, tak ada salahnya untuk memanfaatkan es batu. Anda hanya perlu mengisap es batu selama beberapa saat. Dengan begitu, rasa sakit bisa berkurang sementara sehingga memudahkan Anda untuk minum, makan, atau berbicara.

Pakai Teh Kamomil

Teh kamomil juga bisa digunakan sebagai obat seriawan karena mengandung antiinflamasi dan antioksidan. Caranya, rendam kantung teh kamomil dalam air lalu aplikasikan pada seriawan selama beberapa menit. Selain itu, Anda juga bisa berkumur dengan air teh kamomil.

Selanjutnya: 5 Tanaman Herbal untuk Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap

Editor: Belladina Biananda
Terbaru