Kesehatan Umum

Ada 4 tahapan gejala asam urat yang mesti diwaspadai, apa saja?

Sabtu, 18 Juli 2020 | 11:26 WIB Sumber: Kompas.com
Ada 4 tahapan gejala asam urat yang mesti diwaspadai, apa saja?

ILUSTRASI. Seseorang menderita asam urat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gout atau penyakit asam urat adalah penyakit yang identik dengan gejala nyeri sendi, terutama di bagian jempol kaki. Nyeri sendi tersebut disebabkan oleh tusukan kristal-kristal tajam yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat. 

Jika kadar asam urat dalam darah melebihi ambang normal, maka asam urat ini akan masuk ke organ-organ tubuh khususnya ke dalam sendi.  Selain jempol kaki, nyeri sendi akibat asam urat juga biasa timbul di pangkal jari-jari kaki, pergelangan kaki, dan kadang-kadang juga menyerang sendi lutut, tangan, siku, atau bahu. 

Baca Juga: Ini loh beda penyakit rematik dan asam urat yang wajib Anda ketahui

Melansir Buku Resep Mudah Tetap Sehat (2009) oleh Dr. Handrawan Nadesul, kadar asam urat tinggi dalam darah (hiperurisemia) secara garis besar bisa terjadi karena tiga hal, yakni metabolisme protein dalam tubuh terganggu, kemampuan ginjal membuang asam urat yang berlebih dalam darah sudah menurun dan kelewat banyak mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi 

Gangguan dalam metabolisme protein terletak pada unsur purin. Ada faktor genetik yang menjadikan metabolisme purin pada seseorang bisa terganggu. 

Maka dari itu, setiap sumber makanan yang mengandung purin tinggi perlu dipantang oleh penderita asam urat. Namun, tidak semua orang dengan asam urat tinggi dalam darah pasti terkena penyakit asam urat atau juga bisa disebut pirai. 

Meski demikian, lebih dari 95% kasus gout memang dilaporkan memiliki kadar asam urat di atas normal. Terkait hal ini, perlu memahami soal tahapan gejala penyakit asam urat yang perlu diwaspadai. 

Baca Juga: Asam urat lebih banyak menyerang kaum pria? Ini hasil penelitiannya

Melansir Buku Asam Urat (2009) oleh dr. Nyoman Kertia, Sp.PD-KR, penyakit sendi akibat asam urat bisa termasuk penyakit akut dan bisa juga digolongkan sebagai penyakit kronis. Hal itu dikarenakan, penyakit asam urat memiliki tahapan gejala yang disesuaikan dengan tingkat keparahannya. 

Berikut ini adalah 4 tahapan gejala asam urat yang bisa terjadi: 
1. Hiperurisemia asimtomatik 
Pada tahap ini, seseorang terbukti memiliki kadar asam urat tinggi atau sudah melebihi normal, tetapi belum menimbulkan gejala penyakit sama sekali. Meski demikian, kadar asam urat dalam darah yang tinggi ini patut diwaspadai karena bisa menyebabkan terbentuknya kristal urat di sendi-sendi. 

Editor: Tendi Mahadi


Terbaru