kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,25   -3,11   -0.33%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Abbott umumkan ketersediaan tes antibodi corona berbasis lab di Indonesia


Rabu, 01 Juli 2020 / 19:08 WIB
Abbott umumkan ketersediaan tes antibodi corona berbasis lab di Indonesia
Tes antibodi IgG Abbott tersedia pada instrumen laboratorium ARCHITECT? i1000SR dan i2000SR.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada hari ini, Rabu (1/7) Abbott mengumumkan ketersediaan tes darah serologi berbasis laboratoriumn bertanda CE di Indonesia untuk mendeteksi antibodi IgG, yang berguna dalam mengidentifikasi apakah seseorang telah dan pernah terpapar virus corona (COVID-19). 

Setelah mendapatkan persetujuan dari Satuan Tugas COVID-19 Indonesia, Abbott telah memulai pengiriman alat tes IgG SARS-CoV-2 ke Indonesia dan tengah menyiapkan ratusan ribu alat tes tersebut dalam beberapa bulan mendatang untuk memenuhi kebutuhan. 

Baca Juga: KPK benarkan rapid test corona terdakwa kasus Jiwasraya Hendrisman Rahim reaktif

Alat tes yang juga telah memperoleh Otorisasi Penggunaan Darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (Food and Drug Administration/FDA) ini memberikan opsi pengujian antibodi skala besar. 

I Putu Edi Mahadi, General Manager of Abbott’s diagnostics business di Indonesia menyatakan Abbott memanfaatkan keahliannya dalam pengetesan penyakit menular dan meningkatkannya untuk menyediakan alat tes COVID-19 yang sangat andal. 

"Dengan banyaknya jaringan laboratorium publik dan swasta Indonesia menggunakan alat tes IgG SARS-CoV-2 Abbott, kami akan memperoleh informasi yang lebih dalam dan dapat membantu meningkatkan pemahaman," jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (1/7). 

Adapun pemahaman tersebut adalah mengenai penyebaran virus ini di masyarakat, prevalensi di tingkat wilayah maupun negara, serta pengelolaan pandemi di masa depan.

Baca Juga: Asia Pacific Fibers (POLY) nyatakan sanggup pasok bahan baku APD Ina United

Dr Dewi Yennita Sari, Kepala Laboratorium Rumah Sakit Nasional Persahabatan mengatakan, ketersediaan alat tes IgG SARS-CoV-2 Abbott di Indonesia ini tepat waktu. 

"Kami telah memvalidasi alat tes Abbott ini, sensitivitas dan spesifisitasnya yang tinggi dapat kami gunakan untuk mendukung optimalisasi strategi penyaringan (screening) kami, untuk mengatasi pandemi COVID-19 secara efektif," jelasnya. 




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×