kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Vitamin yang Bisa Bikin Asam Lambung Tak Berkutik, Sangat Direkomendasikan


Selasa, 28 Februari 2023 / 04:13 WIB
9 Vitamin yang Bisa Bikin Asam Lambung Tak Berkutik, Sangat Direkomendasikan
ILUSTRASI. Penderita asam lambung membutuhkan vitamin untuk mengatasi penyakit yang dialaminya.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Penderita asam lambung membutuhkan vitamin untuk mengatasi penyakit yang dialaminya. Vitamin ini dapat dipenuhi melalui asupan makanan bergizi atau bisa juga dengan konsumsi suplemen tambahan. 

Peran vitamin untuk asam lambung ternyata tak cuma dapat mencegah asam lambung kambuh, tetapi juga memperbaiki kondisi lambung untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan. 

Jenis vitamin dan suplemen untuk penderita asam lambung 

Mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung sejumlah vitamin berikut ini dapat membantu meredakan dan mengatasi gejala asam lambung naik. 

Manfaat dari sejumlah vitamin untuk asam lambung itupun sudah dibuktikan melalui banyak penelitian. Lantas, vitamin apa saja yang direkomendasikan untuk penderita asam lambung? 

Melansir Livestrong, berikut pilihan vitamin yang dapat dikonsumsi. 

1, 2, & 3. Vitamin B, B6 dan B12 

Menurut penelitian yang di Journal of Pineal Researche pada Oktober 2006, melengkapi diet harian dengan asupan vitamin B12 dapat membantu mengurangi gejala Gerd (gastroesophageal reflux disease), bentuk refluks asam lambung yang lebih parah. 

Selain itu, asupan vitamin B secara rutin juga dapat mencegah gejala asam lambung yang disebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan. 

Berbagai kebutuhan akan vitamin B beserta turunannya ini secara umum bisa didapat dari asupan hewani seperti daging merah, ikan laut, telur, susu dan unggas. 

Kemudian untuk pilihan sumber pangan nabatinya bisa didapat dari aneka jenis kacang-kacangan dan biji-bijian.  

Baca Juga: Coklat Terlarang Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Cek Daftar Makanan Lainnya

4 & 5. Vitamin A dan C 

Sebuah studi ilmiah di tahun 2012 yang diterbitkan di Collegium Arthropologicum menemukan bahwa diet tinggi antioksidan membantu mencegah Gerd kambuh. Antioksidan ini merupakan sebutan lain untuk vitamin A dan vitamin C. 

Keduanya berperan aktif dalam menangkal radikal bebas yang mencegah kerusakan sel, infeksi dan penyakit dalam. Vitamin A bisa ditemukan dalam sumber makanan seperti organ hati, telur, ubi jalar, labu, wortel dan bayam. 

Sedangkan vitamin C banyak bersumber dari aneka buah-buahan sitrus seperti jeruk atau lemon, lalu paprika, brokoli dan kiwi. 

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Gula Darah Tinggi dan Pencegahannya




TERBARU

[X]
×