kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Tanda-tanda Mau Melahirkan, Cek Beda Rembesan Air Ketuban dan Kencing


Kamis, 09 Februari 2023 / 11:17 WIB
9 Tanda-tanda Mau Melahirkan, Cek Beda Rembesan Air Ketuban dan Kencing


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Saat mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL) ibu hamil sebaiknya mencermati tanda-tanda mau melahirkan. Sehingga, ibu hamil dan pendamping bisa lebih cepat tanggap untuk segera mendapatkan pelayanan medis agar persalinan berjalan dengan baik.  

Proses persalinan diawali dengan pembukaan jalan lahir yakni pembukaan 1 hingga 10 atau pembukaan lengkap. Nah, biasanya tanda-tanda mau melahirkan sudah muncul sejak pembukaan 1. 

Namun, masih banyak ibu hamil yang belum sadar atau justru mengabaikan tanda-tanda mau melahirkan. Tetapi, ada pula ibu hamil yang sudah mengalami tanda-tanda melahirkan, tidak langsung melahirkan saat itu juga atau di hari yang sama. 

Bisa jadi jarak tanda-tanda melahirkan antara pembukaan 1 dan 10 berlangsung selama beberapa hari bahkan seminggu. Lantas, seperti apa tanda-tanda mau melahirkan dalam waktu dekat yang perlu dicermati? 

Baca Juga: Sebelum Vaksin HPV, Kenali Dulu Penyebab Utama Kanker Serviks Ini Moms

Tanda-tanda mau melahirkan yang perlu bunda cermati 

Tanda-tanda mau melahirkan salah satunya terasa kontraksi yang intens

Dirangkum dari laman Parents, berikut adalah tanda-tanda melahirkan yang bisa bunda cermati:

1. Muncul flek kecoklatan atau merah muda

Tanda-tanda mau melahirkan salah satunya adalah muncul flek kecokletan atau merah muda. Pada saat mulai terjadi pembukaan 1 maka rahim juga akan mulai melunak, tipis, dan melebar. 

Saat rahim mulai terbuka, muncul flek mungkin tampak berwarna kecoklatan atau merah muda. 

Baca Juga: Ternyata Bisa Terjadi di Mana Saja, Ini 5 Fakta Menarik tentang Orgasme Perempuan

2. Keputihan semakin banyak

Tanda-tanda mau melahirkan selanjutnya adalah keputihan atau adanya lendir yang semakin banyak menjelang persalinan. Hal ini karena vagina mulai mempersiapkan bayi untuk melewati jalan lahir. Keputihan merupakan tanda vagina untuk membersihkan diri dan bersiap untuk dilewati bayi. 

3. Kram atau kontraksi 

Kemudian, tanda-tanda mau melahirkan yang biasanya dialami oleh ibu hamil adalah adanya kram atau konstraksi ringan. Keduanya terasa seperti perut terasa mengencang dan adanya tekanan di daerah panggul.  

Baca Juga: Sudah Terbukti, 11 Manfaat Kacang Almond untuk Ibu Hamil

4. Ketuban pecah

Ketuban pecah juga menjadi salah satu tanda-tanda mau melahirkan. Meski demikian, tidak semua ibu hamil yang akan melahirkan mengalami pecah ketuban. 

Jika ketuban tidak pecah terkadang bidan maupun dokter akan memecahkannya. Ada juga kasus bayi lahir dengan ketuban masih utuh. 

Namun, jika ketuban sudah pecah dengan sendirinya, biasanya itu berarti tanda-tanda melahirkan sudah dalam waktu dekat. Saat air ketuban mulai bocor, ibu hamil akan merasakan semburan air atau hanya rembesan. 

Baca Juga: Tanda dan Cara Pencegahan Diabetes Gestasional pada Ibu Hamil

Tanda-tanda mau melahirkan adalah punggung akan terasa sangat sakit.

Sebenarnya pecahnya air ketuban tidak terasa, karena membran tidak memiliki syaraf. Untuk itu, beberapa ibu hamil tidak menyadari rembesan air ketuban dan mengiranya sebagai air kencing. 

Perlu diketahui, beda rembesan air ketuban dan air kencing yakni air ketuban tidak berbau atau berbau manis. Sementara air kencing berbau menyengat seperti gas amonia. 

Selain itu, jika air ketuban rembes atau pecah maka ibu hamil tidak bisa mengendalikan rembesannya. Beda dengan air kencing yang bisa ibu hamil kendalikan kapan harus berhenti. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Ibu Hamil Berisiko Tinggi Ini Tidak Boleh Diabaikan, Simak Apa Saja

5. Bernapas sedikit lebih mudah

Bernapas sedikit lebih mudah juga menjadi salah satu tanda-tanda mau melahirkan. Ibu hamil biasanya dapat bernapas lebih mudah saat mendekati persalinan lantaran posisi bayi sudah turun ke arah jalan lahir. 

Sehingga, bayi sudah tidak lagi menekan diafragma, dan ibu hamil mungkin bisa bernapas lebih lega atau mudah.

Baca Juga: Bikin Kulit Awet Muda, Ini 6 Manfaat Tidur di Ruangan Gelap yang Patut Anda Biasakan

6. Rasa ingin buang air besar 

Tanda-tanda mau melahirkan selanjutnya adalah tubuh mulai sering buang air besar. Hal ini adalah cara tubuh mengosongkan isi perut sehingga rahim akan berkontraksi dengan baik.

tanda-tanda mau melahirkan adalah pecahnya air ketuban

7. Kenaikan berat badan melambat

Menjelang persalinan, ibu hamil juga mengalami kenaikan berat badan yang melambat. Tanda-tanda mau melahirkan ini terjadi lantaran bayi telah mencapai ukuran maksimal sebelum dilahirkan. 

Namun, ada juga ibu hamil yang tetap mengalami kenaikan berat badan secara signifikan menjelang persalinan. 

Baca Juga: Apa Itu Jantung Koroner? Ini Gejala, Faktor Risiko, dan Cara Mencegah Jantung Koroner

8. Keluar darah

Selanjutnya, tanda-tanda mau melahirkan adalah keluarnya darah. Darah juga bisa keluar bercampur dengan air ketuban yang pecah. 

9. Punggung terasa sangat sakit 

Kemudian, tanda-tanda mau melahirkan adalah punggung akan terasa sangat sakit. Meski saat hamil tua, punggung juga seringkali terasa sakit namun saat akan melahirkan rasa sakit akan benar-benar terasa sampai terkadang tidak tertahankan. 

Demikian, penjelasan mengenai tanda-tanda melahirkan dalam waktu dekat yang perlu ibu hamil cermati. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×