Kesehatan Umum

9 Tanaman Herbal yang Mudah Didapat untuk Turunkan Berat Badan, Apa Saja?

Selasa, 22 November 2022 | 08:37 WIB Sumber: Kompas.com
9 Tanaman Herbal yang Mudah Didapat untuk Turunkan Berat Badan, Apa Saja?

ILUSTRASI. Ramuan hasil kombinasi tanaman herbal dapat menghilangkan lemak berlebih dan melengkapi program diet yang dilakukan. Salah satunya kunyit.

KONTAN.CO.ID - Banyak orang merasa kesulitan dalam menurunkan berat badan. Padahal, untuk menurunkan berat badan, hal itu bisa dilakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup, mulai dari pemilihan asupan makanan hingga kebiasaan olahraga. 

Dilansir dari National Library of Medicine, penelitian berjudul "Using Herbal Remedies to Maintain Optimal Weight" menunjukkan bahwa tanaman herbal dapat membantu menurunkan berat badan. 

Ramuan hasil kombinasi tanaman herbal dapat menghilangkan lemak berlebih dan melengkapi program diet serta olah raga dalam rangka menurunkan berat badan. 

Ramuan herbal ini akan membantu menurunkan berat badan melalui modifikasi stres, meningkatkan fungsi lambung, dan eliminasi yang sehat, serta meningkatkan metabolisme normal. 

Lantas, apa saja tanaman herbal yang mampu menurunkan berat badan? 

Berikut beberapa jenis rempah herbal yang bisa digunakan sebagai bahan ramuan menurunkan berat badan: 

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan, Apa Saja?

1. Kayu manis 

Bumbu dapur yang bisa menjadi bahan untuk menurunkan berat badan adalah kayu manis. Rempah satu ini terbukti menyeimbangkan gula darah sehingga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Anda bisa menambahkan tanaman rempah ini ke dalam menu makanan Anda, misalnya ke dalam oatmeal, atau yogurt tawar. Bahkan, Anda juga bisa membuat ramuan dari kayu manis yang dipadukan dengan teh. 

2. Jahe 

Sama seperti kayu manis, jahe membantu mengontrol gula darah yang artinya dapat membantu mencegah lonjakan kadar glukosa setelah mengonsumsi makanan kaya gula atau karbohidrat. Tanaman rempah satu ini memiliki sifat membakar lemak. 

Ahli nutrisi Barbara Mendez di New York City menyarankan untuk menambahkan jahe ke dalam masakan, seperti tumisan atau ke dalam ramuan berupa teh. 

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru