Tips Sehat

9 Sayur-Mayur yang Efektif Merontokkan Kolesterol Jahat

Senin, 19 September 2022 | 10:29 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
9 Sayur-Mayur yang Efektif Merontokkan Kolesterol Jahat

ILUSTRASI. Terong, sayuran yang efektif menurunkan kolesterol tinggi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita kolesterol sebaiknya selektif dalam mengonsumsi makanan. Ini 9 sayuran yang efektif merontokkan kolesterol jahat.  

Kolesterol tidak selalu buruk untuk kesehatan. Sebab, kolesterol merupakan salah satu unsur yang penting untuk proses metabolisme. 

Baca Juga: Mugil dan Super Asam, Ini Manfaat Belimbing Wuluh, Bisa Menurunkan Gula Darah Loh

Namun, jika kadar kolesterol dalam darah terlalu tinggi bisa memicu masalah kesehatan .  

Asal tahu saja, kolesterol tinggi membuat tumpukan lemak yang mengeras di dalam saluran pembuluh darah. 

Tumpukan lemak tersebut bisa menyumbat aliran darah di dalam tubuh. Hal itu bisa memicu munculnya penyakit jantung dan stroke.    

Melansir dari buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W, kolesterol tinggi disebabkan oleh sejumlah faktor yakni 

  • Konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi seperti kuning telur, otak, jeroan, margarin, cumi-cumi, dan santan.  
  • Obesitas  
  • Kurang olahraga 
  • Stres 
  • Merokok  

Kolesterol tinggi bisa dicegah dengan beberapa cara yakni olahraga teratur, makan makanan mengandung serat tinggi, menjaga berat badan, hindari merokok, dan stres.  

Namun, jika Anda sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi sebaiknya segera merubah pola hidup.  

Selain itu, Anda juga wajib menjalankan pola makan sehat dan seimbang. Perlu Anda ketahui, beberapa jenis sayuran memiliki manfaat menurunkan kolesterol tinggi bila dikonsumsi secara rutin. 

Sayuran penurun kolesterol tinggi  

Berikut daftar sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita kolesterol.  

1. Kubis  

Melansir dari buku berjudul Care Your Self, Kolesterol, kubis mengandung vitamin A,C, B, kalium, klor, iodium, fisfor, sodium, flovanoid dan sulfur. 

Hal tersebut membuat kubis bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup konsumsi 100 ml jus kubis per hari secara rutin.  

2. Bayam merah 

Melansir buku berjudul Terapi Jus Untuk Kolesterol, bayam merah efektif menurunkan kolesterol.  

Sebab, bayam merah mengandung vitamin A,B,C,E, asam folat, kalsium, magnesium, kalium, sodium, dan iodin.  

Kandungan antioksidan tersebutlah yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.  

Namun, bila Anda juga menderita asam urat sebaiknya tidak mengonsumsi bayam urat. Sebab, sayuran ini mengandung kadar purin tinggi.  

3. Brokoli  

Brokoli cukup populer di tanah air. Brokoli mengandung vitamin A, C,E asam folatm kalium, flavonoid, dan serat.  

Kandungan tersebutlah yang ampuh menurunkan kadar kolesterol bila dikonsumsi secara rutin.  

4. Tomat  

Tomat mengandung likopen yang berperan untuk menyeimbangkan kadar kolesterol dan tekanan darah.  

Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. 

5. Wortel  

Sayuran yang satu ini dikenal efektif meningkatkan kesehatan mata. Faktanya, wortel juga bisa menurunkan kadar kolesterol.  

Sebab wortel mengandung vitamin A, B, C, dan flavonoid yang berperan menurunkan kolesterol.

6. Okra 

Mengutip dari FOOD NDTV, konsumsi kulit dan biji okra secara rutin bisa membantu menurunkan kadar gula darah. 

Para peneliti menemukan gel dalam okra yang disebut lendir membantu menurunkan kolesterol dan mengikatnya selama pencernaan. 

7. Terong 

Kandungan vitamin C dan serat dalam terong bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

8. Buncis 

Mengutip buku berjudul Eksiklopedi Buncis: Deskripsi, Filosofi, Manfaat, Budidaya, dan Peluang Bisnisnya, buncis mengandung vitamin A, C, K, asam folat, serat, zat besi, dan saponin.  

Kandungan mineral dan vitamin dalam buncis bermanfaat membantu menurunkan kolestero

9. Kacang panjang 

Konsumsi kacang panjang secara rutin efektif menurunkan kadar kolesterol. Sebab, kacang panjang mengandung antioksidan yang bisa menurunkan serta mengontrol kolesterol.  

Efeknya, kacang panjang bisa menurunkan risiko terkena stroke dan penyakit jantung. 

Baca Juga: 4 Jenis Teh Ini Bermanfaat Menjaga Kesehatan Jantung

Selanjutnya: Topan Nanmadol Ganggu Lalu Lintas Darat dan Udara di Jepang, Ada Peringatan Banjir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru