kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Manfaat Olahraga Pagi Hari, Kurangi Risiko Diabetes hingga Stres


Kamis, 26 Januari 2023 / 14:00 WIB
9 Manfaat Olahraga Pagi Hari, Kurangi Risiko Diabetes hingga Stres
ILUSTRASI. 9 Manfaat Olahraga Pagi Hari, Kurangi Risiko Diabetes hingga Stres. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/hp.


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat olahraga pagi hari yang perlu diketahui. Berbagai macam olahraga ringan dapat dilakukan dengan mudah sebelum menjalankan berbagai aktivitas dalam sehari.

Olahraga pagi adalah kegiatan fisik yang dilakukan pada pagi hari, sebelum mulai aktivitas berat dalam 24 jam.

Olahraga pagi dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental, meningkatkan energi, dan meningkatkan mood seseorang.

Beberapa contoh olahraga pagi yang dapat dilakukan adalah berjalan kaki, lari, bersepeda, atau yoga. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai rutinitas olahraga baru.

Baca Juga: 13 Cara Turunkan Gula Darah Tinggi yang Sebabkan Diabetes Tanpa Pakai Obat

Manfaat olahraga pagi hari

Perlu diketahui ada beberapa manfaat olahraga pagi hari yang bisa jadi pertimbangan.

Keuntungan dengan rutin berolahraga pagi mulai dari meningkatkan energi hingga mengurani stres.

Bahkan, peneliti Belgia menemukan bahwa orang yang berolahraga tanpa makan makanan apapun sebelum dan selama latihan menunjukkan peningkatan sensitivitas insulin. 

Sehingga baik untuk mengurangi risiko terkena diabetes di kemudian hari.

Baca Juga: Mitos Diabetes & Ciri-Ciri Diabetes Tipe 1 Pada Anak

Nah, simak beberapa manfaat olahraga pagi yang perlu diketahui dilansir dari Daily Healthy Body:

1. Meningkatkan mood Anda untuk hari itu

Jika Anda bangun dengan rewel dan pening, kemungkinan suasana hati Anda akan mempengaruhi sisa hari Anda.

Saat berolahraga, otak tubuh menghasilkan hormon yang disebut serotonin. Serotonin bertugas membuat otak merasa senang yang berpengaruh pada suasana hati.

Otak juga melepaskan neurotransmiter dan hormon lain termasuk endorfin, dopamin, dan norepinefrin. Dopamin berperan dalam pembelajaran dan pembentukan memori dan penghargaan khususnya, membuat Anda merasa baik.

Steph adalah peneliti Harvard University dan Oregon Health & Sciences University yang terlatih. Peneliti menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari dan mengajarkan bagaimana otak bekerja dan berubah.

Dopamin dikaitkan dengan apa pun yang membuat perasaan merasa baik. Pernah mendengar tentang runner's high? Ini adalah contoh peningkatan suasana hati akibat otak melepaskan endorfin yang hanya didapatkan saat berolahraga.

2. Lebih banyak energi dan konsentrasi

Temuan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga berdampak langsung pada sistem saraf pusat dengan meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan.

Para peneliti di University of Georgia menemukan bahwa olahraga teratur punya manfaat baik. Gerakan intensitas rendah seperti joging sederhana atau bahkan jalan santai dapat meningkatkan tingkat energi hingga 20 persen dan mengurangi kelelahan hingga 65 persen.

Olahraga adalah cara bagi orang untuk merasa lebih energik. Ada dasar ilmiah untuk itu, dan ada keuntungan dibandingkan dengan hal-hal seperti kafein dan minuman berenergi.

Salah satu manfaat berolahraga di pagi hari adalah dapat meningkatkan energi Anda. Ini meningkatkan aliran darah dan membantu menyediakan oksigen dan nutrisi ke jaringan otot.

Hasil dari olahraga pagi hari adalah peningkatan tingkat energi dalam tubuh.

3. Tidur lebih nyenyak di malam hari

Sementara para peneliti belum menemukan mekanisme pasti dalam tubuh manusia yang menghubungkan olahraga dengan tidur, ada bukti kuat tentang dampaknya.

Salah satu manfaat penting dari olahraga pagi adalah meningkatkan kualitas tidur Anda.

Menurut Charlene Gamaldo, MD, direktur medis dari Johns Hopkins Center for Sleep. Temuan menunjukkan latihan aerobik sedang meningkatkan jumlah tidur gelombang lambat yang Anda dapatkan.

Tidur gelombang lambat mengacu pada tidur nyenyak, di mana otak dan tubuh memiliki kesempatan untuk meremajakan.

National Sleep Foundation melaporkan sebuah penelitian tentang pengaruh kualitas tidur. Temuan menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di atas treadmill pada pukul 7 pagi lebih cenderung tidur lebih lama. Selain itu, siklus tidur yang lebih dalam daripada orang yang berolahraga di siang hari.

Jika Anda sulit tidur di malam hari, olahraga pagi dapat membantu Anda tidur nyenyak.

Baca Juga: Ciri-Ciri Diabetes Tipe 1 Pada Anak, Jangan Lagi Percaya 5 Mitos Diabetes Ini

4. Meningkatkan rasa percaya diri dan berhasil

Salah satu manfaat senam pagi, dalam jangka panjang, adalah meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri.

Setelah menjalani rutinitas olahraga pagi selama berbulan-bulan, Anda terlihat lebih sehat dan bugar. 

Harga diri yang lebih baik sangat membantu untuk meningkatkan produktivitas dan kehidupan sosial juga.

5. Kehilangan lemak tubuh lebih cepat

Saat melakukan olahraga pagi, tubuh menggunakan energi sebagai bahan bakar. Sumber bahan bakar ini di dalam tubuh dapat disimpan sebagai karbohidrat, protein, atau lemak.

Proses menghabiskan penyimpanan bahan bakar tubuh disebut oksidasi.

Dalam studi baru-baru ini, para peneliti mendaftarkan 10 pria muda non-obesitas untuk memahami dampak olahraga dan waktu makan.

Para peserta dikelompokkan ke dalam empat kategori, termasuk mereka yang melakukannya: 

  • Tidak ada latihan sama sekali (kontrol) 
  • Olahraga 60 menit sebelum sarapan pagi (pagi)
  • olahraga setelah makan siang selama 60 menit (sore)
  • Olahraga 60 menit setelah makan malam (malam hari).

Temuan menunjukkan peningkatan oksidasi lemak (pembakaran lemak sebagai bahan bakar) untuk kelompok yang berolahraga sebelum sarapan. 

Sehingga, salah satu manfaat olahraga pagi adalah membakar lemak tubuh sebagai bahan bakar dikaitkan dengan penurunan berat badan.

Menurut sebuah  penelitian di The Journal of Physiology, orang yang berolahraga dalam keadaan berpuasa bisa mengonsumsi makanan berkalori tinggi tanpa berdampak signifikan pada penambahan berat badan.

Temuan yang dipublikasikan di International Journal of Obesity mengungkapkan bahwa kelompok yang berolahraga sebelum tengah hari mengalami penurunan berat badan lebih banyak daripada mereka yang berolahraga setelah jam 3 sore.

Baca Juga: Ini Penyebab Kadar Gula Darah Naik di Pagi Hari pada Penderita Diabetes

6. Mengurangi risiko diabetes

Salah satu manfaat olahraga pagi, terutama sebelum sarapan, berkaitan dengan diabetes. Latihan pagi hari dapat membantu meningkatkan resistensi insulin yang dikaitkan dengan pengurangan risiko diabetes.

Saat makan makanan berkarbohidrat (bukan puasa), saluran pencernaan tubuh memecahnya menjadi gula yang masuk ke dalam darah.  Ini meningkatkan kadar gula dalam darah dan memberi sinyal pada pankreas untuk memproduksi insulin sehingga sel-sel dapat menyerap gula darah untuk energi.

Dengan kata lain, makan makanan membuat Anda terus-menerus memproduksi insulin.

Dalam sebuah penelitian, peneliti Belgia menemukan bahwa orang yang berolahraga tanpa makan makanan apapun sebelum dan selama latihan menunjukkan peningkatan sensitivitas insulin. 

7. Mengurangi tekanan darah

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Vascular Health and Risk Management berangkat untuk menyelidiki waktu latihan pada tekanan darah.

Para peneliti mendaftarkan peserta dalam latihan yang diawasi treadmill selama 30 menit dalam kelompok yang berolahraga pada pukul 07.00, 13.00, dan 19.00.

Temuan menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan senam pagi (07.00) mengalami penurunan tekanan darah sebesar 10 persen. Studi menunjukkan bahwa kelompok yang melakukan senam pagi (7 pagi) mengalami penurunan tekanan darah sebesar 10 persen.

Pengurangan ini berkelanjutan dan di beberapa negara bahkan merosot lebih jauh hingga setidaknya 25 persen. Salah satu manfaat olahraga pagi adalah dapat menjadi tindakan pencegahan yang bagus terhadap lonjakan tekanan darah.

8. Meningkatkan metabolisme

Metabolisme adalah proses dimana tubuh mengubah apa yang makan dan minum menjadi energi. Tubuh secara konstan bergantung pada proses ini untuk tetap berfungsi, bahkan saat sedang istirahat.

Coba pikirkan, bahkan saat istirahat, tubuh Anda masih perlu bernapas, mengedarkan darah, menumbuhkan, dan memperbaiki sel. 

Jumlah kalori yang Anda butuhkan untuk aktivitas yang bergantung pada kehidupan ini disebut  tingkat metabolisme basal. Tingkat ini bervariasi berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tipe tubuh Anda.

Kabar baiknya adalah saat Anda berolahraga di pagi hari, manfaat metabolisme akan terjaga sepanjang hari.

Hail dari satu olahraga pagi membuat tubuh akan membakar kalori sepanjang hari. 

Baca Juga: 8 Pilihan Olahraga Kardio di Rumah, Bisa Lakukan Squat Hingga Aerobik

9. Mengurasi tingkat stres

Pekerjaan zaman modern penuh dengan peristiwa yang membuat stres. Manfaat olahraga pagi hari adalah selain endorfin yang membuat otak merasa nyaman dan juga aktif.

Dan itu juga membuat waspada yang membantu mengatasi semua hal yang dilemparkan kepada sepanjang hari.

Demikian banyak manfaat olahraga pagi yang bisa jadi motivasi bagi Anda untuk hidup lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×