Kesehatan Umum

9 Manfaat bawang bombai yang jarang diketahui

Rabu, 12 Mei 2021 | 13:06 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
9 Manfaat bawang bombai yang jarang diketahui

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat bawang bombai.


KONTAN.CO.ID - Di Indonesia, penggunaan bawang bombai dalam masakan relatif masih kurang populer dibanding penggunaan bawang merah dan bawang putih. Padahal, ada beberapa manfaat bawang bombai bagi kesehatan. 

Sama halnya dengan bawang merah dan bawang putih, bawang bombai tumbuh di bawah tanah. 

Tanaman dengan nama latin Allium cepa ini memiliki dua jenis yakni bawang bombai merah dan bawang bombai putih.

Berikut ini 9 manfaat bawang bombai yang jarang diketahui seperti dilansir dari Healthline:

1. Kaya nutrisi

Manfaat bawang bombai adalah padat nutrisi, yang mana bawang ini rendah kalori tetapi tinggi vitamin dan mineral. Satu bawang bombai ukuran sedang hanya memiliki 44 kalori tetapi memberikan vitamin, mineral dan serat dalam dosis yang cukup besar.

Bawang bombai juga sangat tinggi vitamin C, nutrisi yang berperan dalam mengatur kesehatan kekebalan, produksi kolagen, perbaikan jaringan, dan penyerapan zat besi.

Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh, melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Manfaat bawang bombai juga kaya vitamin B, termasuk folat (B9) dan piridoksin (B6) yang berperan penting dalam metabolisme, produksi sel darah merah, dan fungsi saraf.

Terakhir, manfaat bawang bombai adalah sumber potasium yang baik, mineral yang banyak orang kurangi.

Baca Juga: 5 Manfaat dan efek samping bawang merah untuk kesehatan

2. Kesehatan jantung

Bawang bombai mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan, menurunkan trigliserida, dan menurunkan kadar kolesterol jahat yang memicu risiko penyakit jantung.

Sifat anti-inflamasi yang kuat juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi dari pembekuan darah.

Selain itu, bawang bombai juga mengandung antioksidan flavonoid yang sangat terkonsentrasi pada bawang. Senyawa ini dapat membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi.

3. Sumber antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang menghambat oksidasi, suatu proses yang menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Bawang bombai adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Faktanya, mereka mengandung lebih dari 25 jenis antioksidan flavonoid yang berbeda.

Baca Juga: Tidak hanya kaya manfaat, ini efek samping bawang putih untuk kesehatan

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru