9 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Lezat dan Mudah Didapat

Rabu, 03 Agustus 2022 | 15:49 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
9 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi, Lezat dan Mudah Didapat

ILUSTRASI. Makanan yang mengandung protein tinggi. KONTAN/Baihaki/10/02/2022


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Makanan yang mengandung protein sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Makanan yang mengandung protein tinggi juga bisa didapatkan dengan mudah dan sangat terjangkau dari sisi harga.

Protein diperlukan guna memelihara dan memperbaiki sel tubuh. Makanan yang mengandung protein juga dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak perut sambil meningkatkan massa dan kekuatan otot. 

Untuk orang dewasa, kebutuhan protein setiap harinya sesuai dengan angka kecukupan gizi (AKG) adalah 56-66 gram. 

Lantas, apa saja makanan yang mengandung protein tinggi?

Baca Juga: 8 Makanan Tinggi Protein yang Cocok Untuk Dijadikan Menu Diet, Catat

Makanan yang mengandung protein tinggi

Makanan yang mengandung protein tinggi

Nah, berikut ini makanan yang mengandung protein tinggi seperti dilansir dari Healthline:

1. Telur

Makanan yang mengandung protein tinggi yang mudah didapat adalah telur. Protein hewani ini adalah sumber vitamin, mineral, lemak sehat, antioksidan pelindung mata, dan nutrisi untuk otak.

Telur utuh mengandung protein tinggi, tetapi putih telur mengandung protein murni. Namun makanan ini tak cocok untuk penderita alergi telur. Satu telur besar memiliki 6 gram protein dan 78 kalori.

2. Daging ayam

Dada ayam adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Ayam juga sangat mudah dimasak dan serbaguna.

Satu dada ayam panggang tanpa kulit mengandung 53 gram dan hanya 284 kalori.

Baca Juga: Orangtua Diperbolehkan Menambahkan MSG di Makanan untuk Anak

3. Susu

Makanan yang mengandung protein tinggi berikutnya adalah susu. Susu merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang baik, dan tinggi kalsium, fosfor, dan riboflavin. 

Namun bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa, mengonsumsi susu dapat menyebabkan gejala gastrointestinal. Orang dengan alergi susu juga dapat mengalami gejala yang parah, jadi susu sapi juga bukan pilihan yang cocok untuk mereka.

Bagi mereka yang ingin minum susu tetapi tidak dapat mentolerirnya atau mengikuti pola makan nabati murni, alternatifnya termasuk susu kedelai.

Satu cangkir susu murni mengandung 8 gram protein dan 149 kalori. Sementara satu cangkir susu kedelai mengandung 6,3 gram protein dan 105 kalori.

4. Brokoli

Brokoli adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Brokoli adalah sayuran sehat yang menyediakan vitamin C, vitamin K, serat, dan potasium. 

Brokoli juga menyediakan nutrisi bioaktif yang dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Brokoli mengandung tinggi protein dibandingkan dengan kebanyakan sayuran. Setiap 96 gram brokoli memiliki 3 gram protein dan hanya 31 kalori.

Baca Juga: Asam Urat Bisa Turun dengan 4 Makanan Ini, Boleh Dimakan Setiap Hari

Makanan yang mengandung protein tinggi

5. Ikan

Ikan adalaha makanan yang mengandung protein tinggi dan kaya akan nutrisi penting. Beberapa jenis kaya akan asam lemak omega-3 yang menyehatkan jantung.

Kandungan protein ikan sangat bervariasi tergantung dari jenis ikan. Salmon contohnya mengandung protein 19 gram per 3 ons dan hanya 175 kalori. 

6. Udang

Udang adalah salah satu jenis makanan yang mengandung protein tinggi. Namun, udang termasuk rendah kalori tetapi tinggi dalam berbagai nutrisi, termasuk selenium dan vitamin B12.

Seperti ikan, udang juga banyak mengandung asam lemak omega-3. Setiap 3 ons daging udang mengandung 20 gram protein dan hanya 84 kalori.

7. Kacang

Selanjutnya, makanan yang mengandung protein tinggi adalah kacang-kacangan. Kacang tanah maupun jenis kacang-kacangan lainnya kaya akan protein, serat, dan magnesium. 

Selai kacang juga tinggi protein, tetapi juga bisa tinggi kalori. Karena itu, Anda harus memakannya dalam jumlah sedang.

Kacang sendiri merupakan makanan yang mengandung protein cukup besar. Setiap 1 ons kacang mengandung 7 gram protein dan 161 kalori.

Baca Juga: Sedang Diet? Yuk Coba Kurangi Nafsu Makan dengan 4 Cara Sehat Ini!

8. Daging sapi tanpa lemak 

Daging sapi tanpa lemak termasuk bahan makanan yang mengandung protein tinggi. Daging sapi juga merupakan sumber zat besi, vitamin B12, dan sejumlah besar nutrisi penting lainnya.

Kandungan protein pada daging sapi tanpa lemak sendiri mencapai 25 gram per 3 ons (85 gram) gram bahan. Sedangkan kandungan kalori pada steak sirloin tanpa lemak mencapai 186 kalori per 85 gram bahan. Dengan begitu, daging sapi cocok dikonsumsi bagi orang yang tengah menjalani diet rendah karbohidrat.

9. Ikan tuna

Ikan tuna adalah jenis ikan yang digemari banyak orang. Ikan ini bisa dimakan dengan berbagai cara, baik dipanggang atau menadi bahan campuran salad. Kandungan protein dalam ikan tuna sendiri mencapai 27 gram per 142 gram bahan (ikan tuna yang sudah dikalengkan ). 

Selain kaya protein, ikan tuna termasuk makanan rendah lemak dan kalori. Seperti ikan lainnya, tuna juga menjadi makanan sumber nutrisi yang baik dan mengandung lemak omega-3.

Demikian sejumlah makanan yang mengandung protein tinggi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru