8 Makanan Tinggi Protein yang Cocok Untuk Dijadikan Menu Diet, Catat

Rabu, 03 Agustus 2022 | 15:10 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
8 Makanan Tinggi Protein yang Cocok Untuk Dijadikan Menu Diet, Catat

ILUSTRASI. Dada ayam adalah salah satu makanan tinggi protein.


KONTAN.CO.ID - Mengonsumsi makanan tinggi protein adalah salah satu hal yang penting untuk diperhatikan saat diet. Pasalnya, makanan tinggi protein bisa membantu melancarkan program diet Anda.

Selain dapat melancarkan program diet, makanan tinggi protein juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, makanan tinggi protein mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Protein adalah salah satu makronutrien yang perlu menjadi prioritas dalam diet Anda serta untuk meningkatkan kesehatan.

Selain itu, makanan yang mengandung protein tinggi juga mendukung pertumbuhan otot, menguatkan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 6 Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Sakit Jantung, Wajib Tahu!

Terdapat beberapa makanan yang mengandung protein tinggi cocok untuk dijadikan menu saat diet. Dilansir dari Eating Well, berikut daftar makanannya:

Daging sapi tanpa lemak

Makanan yang mengandung protein tinggi yang pertama, Anda bisa mengonsumi daging sapi tanpa lemak. Daging sapi tanpa lemak mengandung 22 gram protein per 3 ons daging sapi tanpa lemak. 

Mengonsumsi daging sapi tanpa lemak tidak hanya memberi tubuh Anda protein berkualitas tinggi, tetapi juga nutrisi penting seperti zinc (yang berperan dalam kekebalan) dan zat besi (yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh Anda).

Dada ayam

Anda bisa juga mengonsumsi dada ayam tanpa kulit karena mengandung protein yang tinggi. Dada ayam sangat cocok untuk dijadikan makanan pokok saat diet karena mengandung banyak nutrisi dan memiliki rasa yang lezat.

Baca Juga: 8 Makanan Penurun Kolesterol yang Sebaiknya Anda Konsumsi

Salmon

Salmon mungkin dikenal karena lemak sehatnya yang mendukung kesehatan jantung, tetapi makanan ini juga mengandung protein dalam porsi besar.

Cobalah Honey-Garlic Salmon atau Walnut-Rosemary Crusted Salmon untuk membantu mendapatkan protein sehat dalam diet Anda.

Telur

Telur adalah salah satu makanan yang mengandung protein tinggi. Selain itu, telur juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat. Satu butir telur mengandung sekitar 6 gram protein.

Baca Juga: Gampang! Begini Cara Download dan Simpan Reels Instagram Lewat SnapInsta

Selai kacang

Selai kacang juga mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan. Bukan cuma itu, selai kacang juga mudah didapatkan serta bisa dijadikan bekal saat berpergian. Namun, hindari selai kacang yang mengandung banyak pemanis buatan.

Pasta

Pasta mungkin dianggap sebagai sumber karbohidrat, tetapi porsi 2 ons pasta semolina klasik menyediakan protein yang hampir sama banyaknya dengan satu telur besar.

Anda bisa menambahkan daging tanpa lemak sebagai topping agar pasta menjadi lebih enak. 

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar: 5 Negara yang Diprediksi Jadi Tim Unggulan

Keju cottage

Keju cottage adalah sumber protein alami yang cocok dimasukkan ke dalam diet sehat. Hampir sama seperti telur, keju cottage juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang lezat juga.

Lentil

Lentil adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung protein tinggi. Tidak hanya itu, lentil juga mengandung banyak serat, antioksidan, vitamin yang baik untuk kesehatan. 

Demikian beberapa makanan yang mengandung protein tinggi serta cocok untuk dijadikan menu diet sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru