9 Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Asam Lambung atau GERD Jinak

Selasa, 13 September 2022 | 09:32 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
9 Makanan dan Minuman yang Bisa Bikin Asam Lambung atau GERD Jinak

ILUSTRASI. GERD merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh aliran isi dari lambung ke atas ke kerongkongan.


KONTAN.CO.ID - Mulas, nyeri dada, bersendawa, hingga batuk, merupakan bagian dari gambaran bagi mereka yang mengalami asam lambung atau GERD. Faktanya, 20 persen orang dewasa memiliki asam lambung kronis, yang dikenal sebagai penyakit refluks gastroesofageal (atau GERD). 

Melansir aarp.org, GERD merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh aliran isi dari lambung ke atas ke kerongkongan.

Sementara antasida dan obat bebas lainnya dapat menjinakkan asam lambung, perubahan pola makan akan membantu mengendalikan gejala dan memberikan kelegaan manis dari sensasi terbakar itu. 

"Namun perlu diingat, setiap orang berbeda," kata Julie Stefanski, ahli gizi diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition & Dietetics. 

Itu sebabnya, dokter atau ahli diet terdaftar dapat membantu mengidentifikasi makanan dan minuman apa yang mungkin menjadi pemicu GERD yang dialami seseorang.

Sementara itu, berikut adalah lima makanan yang dapat membantu Anda menjinakkan asam lambung atau GERD.

1. Oatmeal

“Makanan tinggi serat membuat Anda merasa kenyang,” kata Neena Mohan, asisten profesor kedokteran klinis gastroenterologi di Lewis Katz School of Medicine di Temple University. 

Dia menambahkan, "Itu hal yang baik, karena Anda cenderung makan berlebihan, yang dapat menyebabkan mulas." 

Terlebih lagi, oatmeal secara khusus menyerap asam lambung. 

Baca Juga: Catat Tiga Gejala Stres yang Wajib Anda Waspadai

Pilihan serat tinggi lainnya: roti gandum utuh, beras merah, dan quinoa; sayuran akar (wortel, ubi jalar dan bit); dan sayuran hijau (asparagus, brokoli, dan kubis Brussel). 

Tapi ingat, Stefanski mengatakan : “Serat tidak dapat bekerja kecuali ada cukup cairan dalam makanan Anda.”

2. Pisang

Buah rendah asam ini dapat membantu menetralkan asam lambung dengan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Dan tidak hanya bersifat basa, pisang juga kaya akan pektin, serat larut yang membantu menjaga makanan mengalir dengan baik melalui saluran pencernaan. 

Ini dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda cenderung tidak makan berlebihan. Makanan alkali lainnya termasuk melon (terutama melon dan melon), kembang kol dan almond.

3. Salad hijau

Makan makanan yang mengandung air – seledri, mentimun dan semangka adalah pilihan lain – membantu mengencerkan asam lambung. 

Faktanya, sebuah penelitian kecil di tahun 201-7, yang diterbitkan dalam JAMA Otalaryngology – Bedah Kepala & Leher, menunjukkan bahwa orang-orang yang mengikuti diet Mediterania nabati yang berat dalam produk semacam itu melaporkan gejala refluks asam yang lebih jarang. 

Tahan saja keinginan untuk menambahkan dressing tinggi lemak, vinaigrette asam atau topping seperti bawang, yang dapat memicu GERD, catat Stefanaski.

Baca Juga: Tak Hanya Kunyit, Ini Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Asam Lambung

4. Yoghurt

Yogurt dapat membantu mencegah refluks asam dan mulas. Seperti susu, yogurt bertindak sebagai penyangga sementara, meredakan gejala mulas. 

“Salah satu alasan kita mengalami gejala refluks asam adalah karena hal itu menyebabkan kerusakan pada lapisan kerongkongan,” kata Nipaporn Pichetshote, M .D ., spesialis gastroenterologi di Los Angeles yang berafiliasi dengan Cedar s- Puskesmas Sinai. 

Dia juga bilang, "Susu dan yogurt melapisi kerongkongan sehingga Anda tidak merasakan asam yang mengiritasi lapisan itu."

Tetapi pilihlah varietas skim atau rendah lemak, daripada yang terbuat dari susu murni. 

"Makanan yang tinggi lemak dapat menyebabkan lebih banyak refluks," kata Pichetshote. Terlebih lagi, susu yang lebih tinggi lemaknya tetap berada di perut lebih lama, menciptakan lebih banyak peluang terjadinya refluks asam.

5. Teh jahe

Teh jahe baik untuk mencegah mulas dan asam lambung. Satu atau dua cangkir sehari mungkin menawarkan tiga kali lipat manfaat. Minuman yang menenangkan ini tidak hanya bersifat basa, tetapi juga anti-inflamasi, yang dapat membantu meredakan iritasi gastroesofagus dan menenangkan perut. 

Jahe juga dapat membantu meredakan mual – bermanfaat bagi mereka yang rentan terhadap muntah selama episode asam lambung.

Baca Juga: Waspadai Faktor Risiko Penyebab Asam Urat Naik dan Obat Alami Menurunkan Asam Urat

6. Dada ayam 
 
Mengutip unhospital.org, pastikan untuk menghilangkan kulit berlemak. Hindari ayam goreng dan pilih dipanggang saja.

7. Selada, seledri dan paprika manis 

Sayuran hijau ringan ini mudah di perut – dan tidak akan menyebabkan gas yang menyakitkan.

8. Nasi merah 

Karbohidrat kompleks ini ringan dan mengenyangkan – jangan disajikan dengan cara digoreng.

9. Melon 

Semangka dan melon adalah buah-buahan rendah asam yang merupakan salah satu makanan terbaik untuk refluks asam.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru