kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Celah penularan Covid-19, hati-hati tertular!


Selasa, 17 Agustus 2021 / 05:15 WIB
9 Celah penularan Covid-19, hati-hati tertular!


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah pandemi Covid-19, protokol kesehatan harus terus dilakukan. Kita kerap diingatkan untuk selalu memakai masker saat ke luar rumah atau ada orang di rumah yang sakit, rajin membersihkan tangan, dan menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain. 

Protokol kesehatan yang terus didengungkan tersebut tak lain bertujuan untuk mencegah penularan Covid-19. Terlebih di tengah persebaran virus corona SARS-CoV-2 varian Delta yang terbukti lebih gampang menular ketimbang varian lainnya. 

Kendati beberapa orang sudah divaksin Covid-19 lengkap dan vaksin ini terbukti mencegah Covid-19 gejala berat dan kematian, tapi tidak menutup kemungkinan orang yang sudah divaksin Covid-19 menularkan virus corona. 

Penularan tersebut bisa berdampak fatal, terutama apabila yang terinfeksi Covid-19 belum divaksin, memiliki daya tahan tubuh lemah, atau memiliki komorbid (penyakit penyerta) seperti diabetes, penyakit jantung, dll. 

Baca Juga: Ada potensi terjadinya disfungsi kognitif setelah sembuh dari Covid-19

Untuk itu, setiap orang perlu tetap menjalankan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penularan virus corona. 

Sebelum mengulas celah penularan Covid-19, simak kembali cara penularan penyakit ini. 

Cara penularan Covid-19 

Melansir laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 dapat menyebar dari mulut atau hidung penderita lewat partikel kecil ketika mereka batuk, bersin, bicara, atau bernapas. 

Menurut penelitian yang berkembang saat ini, virus corona tersebut bisa menular dari penderita ke orang sekitarnya terutama yang melakukan kontak dekat tanpa masker dalam jarak satu meter. 

Seseorang bisa tertular Covid-19 ketika aerosol atau tetesan kecil cairan yang mengandung virus corona terhirup atau masuk ke mata, hidung, atau mulut.

Baca Juga: Efek Covid-19 Terhadap Jantung, Penyintas Perlu Waspadai Lima Hal Berikut ini

Virus corona gampang menyebar di ruangan tertutup (indoor) dengan ventilasi udara yang buruk dan ramai banyak orang. Hal itu disebabkan partikel aerosol bisa melayang-layang di udara atau mengambang di ruangan berventilasi buruk. 

Orang juga bisa tertular Covid-19 ketika menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus corona lalu menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa membersihkan tangan. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×