kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

9 Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Penyebabnya


Jumat, 29 Juli 2022 / 16:16 WIB
9 Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Penyebabnya
ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Bau Mulut.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa cara menghilangkan bau mulut secara alami yang bisa Anda coba. Bau mulut terkadang membuat orang tidak nyaman hingga membuat kepercayaan diri menurun. 

Penyebab bau mulut adalah sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut. Sisa makanan yang berada di sela-sela gigi terlalu lama akan diurai oleh bakteri sehingga menjadi salah satu penyebab bau mulut. 

Penyebab bau mulut lainnya adalah kesehatan gigi yang tidak baik.

Lantas, seperti apa cara menghilangkan bau mulut? 

Baca Juga: 6 Bahan Alami yang Efektif Menghilangkan Gusi Bengkak, Catat

Cara menghilangkan bau mulut

Cara menghilangkan bau mulut

Nah, berikut ini 9 cara menghilangkan bau mulut seperti dilansir dari WebMD:

1. Sikat gigi lebih sering

Pertama, cara menghilangkan bau mulut adalah sikat gigi lebih sering. Plak, penumpukan makanan yang melekat pada gigi Anda, membuat bakteri berkumpul dan menyebabkan bau mulut.

Sikat gigi Anda setidaknya dua kali setiap hari, dan gunakan benang gigi setidaknya sekali dalam sehari. Namun, jangan berlebihan. Jika Anda menyikat terlalu keras, hal itu dapat merusak gigi Anda, membuatnya rentan terhadap pembusukan.

2. Berkumur dengan obat kumur

Selain sikat gigi, berkumur dengan obat kumur juga menjadi salah satu cara meghilangkan bau mulut. Selain menyegarkan napas Anda, berkumur dengan obat kumur menambahkan perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri. 

Rasa mint yang segar bisa membuat Anda merasa lebih baik. Namun, pastikan obat kumur yang Anda pilih membunuh kuman penyebab bau mulut, tidak hanya menutupi baunya. 

Selain itu sebagai cara menghilangkan bau mulut, Anda juga dapat dapat berkumur dengan air biasa setelah makan. Berkumur dengan air bersih bisa menghilangkan partikel sisa makanan yang menempel di gigi Anda.

Baca Juga: Pemalsuan Air Galon Isi Ulang Terjadi Lagi, Ini Kata YLKI

3. Menggosok lidah

Menggosok lidah juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut. Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah Anda bisa menjadi sarang bagi bakteri penyebab bau. 

Untuk menghilangkannya, sikat lidah Anda dengan sikat gigi secara lembut. Jika sikat Anda terlalu besar untuk mencapai bagian belakang lidah, cobalah menggunakan pengikis khusus lidah. 

4. Hindari makanan dengan aroma kuat

Cara menghilangkan bau mulut yakni menghindari makanan dengan aroma kuat. Janganlah mengonsumsi makanan seperti bawang merah dan bawang putih terlalu banyak.

5. Hilangkan kebiasaan merokok

Menghilangkan kebiasaan merokok juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut. Selain menyebabkan kanker, merokok juga dapat merusak gusi, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut.

Baca Juga: ​4 Bahan Obat Sakit Gigi Alami agar Cepat Sembuh

Cara meghilangkan bau mulut

6. Jangan makan permen setelah makan malam

Hindari makan permen setelah makan malam juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut. Sebab, bakteri di mulut Anda menyukai gula. 

Mereka menggunakannya untuk membuat asam. Hal ini merusak gigi dan menjadi penyebab bau mulut.

7. Jaga kesehatan gusi 

Penyakit gusi juga bisa menjadi penyebab bau mulut. Bakteri berkumpul di di dasar gigi, yang menciptakan bau. 

Jika Anda mengalami masalah gigi, tak ada salahnya untuk berobat ke dokter gigi. Sebab, menjaga kesehatan gusi juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut. 

Baca Juga: 10 Kegunaan Baking Soda dari Menghilangkan Bau Badan hingga Membersihkan Noda

8. Basahi mulut

Cara menghilangkan bau mulut yang cukup efektif juga bisa dilakukan dengan menjaga mulut tetap basah. Gigi bisa cepat rusak dan bau mulut jika tubuh tidak membuat cukup air liur. Jika mulut Anda kering, minumlah banyak air di siang hari.

9. Temui dokter 

Jika bau mulut Anda terus berlanjut meskipun Anda telah berusaha sebaik mungkin, buatlah janji dengan dokter Anda. Dokter akan memeriksa untuk melihat apakah masalah Anda terkait dengan kondisi medis.

Demikian sejumlah cara menghilangkan bau mulut yang bisa Anda coba lakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×