​4 Bahan Obat Sakit Gigi Alami agar Cepat Sembuh

Rabu, 20 Juli 2022 | 11:04 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​4 Bahan Obat Sakit Gigi Alami agar Cepat Sembuh

ILUSTRASI. Obat sakit gigi alami cepat sembuh.


KONTAN.CO.ID - Obat sakit gigi alami cepat sembuh bisa menggunakan tanaman herbal dan obat yang mudah didapatkan. 

Salah satu obat sakit gigi alami yang bisa dicoba adalah garam, lemon, merica, maupun jus rumput gandum. 

Nah, obat sakit gigi alami ini bisa digunakan sebagai pengobatan alternatif jika Anda mendadak mengalami sakit gigi. 

Meski begitu, setelah mencoba obat sakit gigi alami, Anda tetap disarankan untuk tetap berobat ke dokter gigi jika sakit gigi tidak kunjung reda. 

Baca Juga: Ingin Menambah Berat Badan? 4 Makanan Ini Bisa Anda Konsumsi secara Rutin

Obat sakit gigi alami cepat sembuh

Obat sakit gigi alami cepat sembuh

Dikutip dari buku "Tanaman Herbal dan Buah yang Berkhasiat untuk Menyembuhkan Sakit Gigi (Toothaches) Secara Alami" (2021) oleh Jannah Firdaus Mediapro, Penerbit Jannah Firdaus Mediapro Studio, berikut adalah obat sakit gigi alami cepat sembuh:

1. Lemon

Asam dalam lemon berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon juga merupakan antibakteri yang efektif untuk membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. 

Cara membuat obat sakit gigi alami dengan lemon adalah peras satu buah lemon, masukkan dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari agar bakteri benar-benar hilang. 

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Susah Tidur di Malam Hari. Cari Tahu Yuk!

2. Garam 

Garam dapat digunakan sebagai obat sakit gigi alami cepat sembuh yang mujarab. Sodium yang tinggi dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Garam menjadi antiseptik alami bau mulut Anda. 

Cara membuat obat sakit gigi alami dengan garam yakni masukkan 2 sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga larut. Gunakan sebagai obat kumur setiap kali Anda selesai sikat gigi agar bakteri dapat dibasmi sampai bersih. 

3. Merica

Merica berguna sebagai obat sakit gigi alami cepat sembuh karena mengandung antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik properti. 

Cara membuat obat sakit gigi alami dari merica adalah campur merica dan garam, tuang sedikit air hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada gigi yang sakit.

Baca Juga: 5 Kiat Memilih Asuransi Kesehatan Anak, Beli Polis Terbaik!

4. Jus rumput gandum 

Rumput gandum memiliki sifat antibakteri alami yang dapat membantu melawan kerusakan gigi dan meredakan sakit gigi. Cara membuat obat sakit gigi alami yakni blender rumput gandum untuk dijadikan jus. Lalu gunakan jus rumput gandum tersebut sebagai obat kumur. 

Jika Anda suka, Anda dapat mengunyah rumput gandum. Lakukan terus pengobatan tersebut secara berulang untuk menyerap racun dari gusi, mengurangi pertumbuhan bakteri, dan mencegah terjadinya infeksi. 

Demikian sejumlah obat sakit gii alami cepat sembuh yang dapat Anda coba di rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru