kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,95   1,61   0.17%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Tanda pada Kuku yang Menunjukkan Seseorang Mengidap Penyakit Tententu


Kamis, 25 Mei 2023 / 09:39 WIB
8 Tanda pada Kuku yang Menunjukkan Seseorang Mengidap Penyakit Tententu
ILUSTRASI. Banyak yang tidak tahu, kuku dapat mengungkapkan banyak hal tentang kondisi kesehatan seseorang.


Reporter: kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Banyak yang tidak tahu, kuku dapat mengungkapkan banyak hal tentang kondisi kesehatan seseorang. 

Kuku bahkan bisa menandakan beberapa penyakit mulai dari masalah di hati, paru-paru, hingga jantung. Jadi penting untuk mengenali tanda-tanda kuku yang sehat, serta kelainan yang dapat mengindikasikan adanya masalah medis.  

Lantas, bagaimana mengetahui penyakit dilihat dari kuku? 

Perubahan kuku terkait dengan kondisi kesehatan Dilansir dari Webmd, perubahan warna kuku mungkin tidak selalu menujukkan masalah kesehatan serius.   

Namun ada beberapa penyakit yang bisa diketahui dengan kondisi kuku tertentu. 

Berikut beberapa di antaranya: 

1. Kuku kuning 

Salah satu penyebab kuku kuning yang paling umum adalah infeksi jamur. Saat infeksi memburuk, dasar kuku dapat tertarik kembali, dan kuku dapat menebal dan hancur. Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku kuning dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid yang parah, penyakit paru-paru, diabetes, atau psoriasis. 

Baca Juga: Ciri-Ciri Kolesterol Di Usia Muda Berdasarkan Kuku, Cek Ramuan Penurun Kolesterol

2. Kuku kebiruan 

Kuku dengan warna kebiruan bisa berarti tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa mengindikasikan masalah paru-paru, seperti emfisema. Beberapa masalah jantung dapat dikaitkan dengan kuku kebiruan. 

3. Kuku bergelombang 

Jika permukaan kuku bergelombang atau berlubang, ini mungkin merupakan tanda awal psoriasis atau artritis inflamasi. Perubahan warna kuku sering menyertai, di mana kulit di bawah kuku bisa tampak coklat kemerahan. 

4. Kuku pucat 

Kuku putih, juga dikenal sebagai leukonychia, menggambarkan kuku yang sebagian atau seluruhnya berwarna putih. Warna putih tersebut bisa terjadi akibat dari beberapa hal seperti trauma, anemia, kekurangan gizi, penyakit jantung, ginjal, atau bahkan keracunan. 

5. Kuku putih dengan pinggiran gelap 

Jika sebagian besar kuku berwarna putih dengan pinggiran yang lebih gelap, ini bisa menandakan masalah hati, seperti hepatitis. Selain itu, hal ini juga bisa menandakan jika Anda mengalami penyakit kuning, tanda lain dari masalah hati. 

6. Lipatan kuku bengkak 

Paronychia kronis adalah suatu kondisi yang menyebabkan peradangan, kemerahan, nyeri tekan, dan pembengkakan pada lipatan kulit dan jaringan di sekitar kuku. Biasanya diakibatkan karena iritan atau alergi, tetapi bisa juga disebabkan oleh jamur Candida albicans, infeksi lain atau psoriasis. Biasanya dapat diobati dengan steroid topikal. 

Baca Juga: Ciri-ciri Kolesterol Pada Kaki, Cek Minuman Penurun Kolesterol Jahat

7. Garis gelap di bawah kuku 

Perubahan warna kuku ini disebut melanonychia dan disebabkan oleh pigmen melanin. Ada beberapa kemungkinan penyebab termasuk kanker kulit, infeksi atau cedera. 

8. Kuku retak atau terbelah 

Kuku kering dan rapuh yang sering retak atau pecah telah dikaitkan dengan penyakit tiroid. Retak atau pecah yang dikombinasikan dengan rona kekuningan lebih mungkin disebabkan oleh infeksi jamur. 




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×