kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Ramuan dari Air Rebusan Ini Bisa Bikin Kolesterol Tinggi Keok, Apa Saja?


Selasa, 15 November 2022 / 07:30 WIB
8 Ramuan dari Air Rebusan Ini Bisa Bikin Kolesterol Tinggi Keok, Apa Saja?
ILUSTRASI. Beberapa tanaman terbukti dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Salah satunya air rebusan daun sirih.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol tinggi bisa membuat badan menjadi sakit. Namun ternyata, kolesterol tinggi bisa diatasi dengan sejumlah ramuan dari rebusan air dan daun. 

Menurut NHS, kolesterol tinggi terjadi ketika lemak kolesterol menumpuk terlalu banyak di darah. Biasanya, disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, kurang olahraga, kelebihan berat badan, hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol. 

Kolesterol tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kadar kolesterol Anda masih normal atau tidak adalah dengan melakukan cek darah. Jika berdasarkan pengecekan Anda menderita kolesterol tinggi, terdapat beberapa macam air rebusan daun yang dapat membantu menurunkan kolesterol. 

Lantas, air rebusan apa yang bisa menurunkan kolesterol? 

Air rebusan untuk turunkan kolesterol 

Beberapa tanaman terbukti dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Bagian tanaman yang biasanya digunakan adalah daun. Daun ini kemudian direbus dengan air dan diminum bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi. 

Berikut beberapa macam air rebusan daun yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh: 

Baca Juga: 4 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Aman Untuk Dikonsumsi

1. Air rebusan daun alpukat 

Sebuah penelitian berjudul Combination Effect of The Extract of Avocado Leaf and Seed (Persea americana) on Level of Total Cholesterol, LDL, and HDL in Mice (Mus musculus) with Hypercholesterolemia 2019 menyebutkan bahwa air rebusan daun alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Studi tersebut menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun alpukat dan biji alpukat dalam bentuk kombinasi terhadap kolesterol total, LDL, dan HDL pada tikus hiperkolesterolemia yang diinduksi diet tinggi lemak dan kuning telur bebek. 

Hasilnya, kombinasi ekstrak daun dan biji alpukat (CALSE) pada semua kelompok perlakuan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. 

Baca Juga: 4 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi




TERBARU

[X]
×