4 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Aman Untuk Dikonsumsi

Senin, 14 November 2022 | 14:47 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Aman Untuk Dikonsumsi

ILUSTRASI. Buah dan sayur adalah salah satu makanan penurun kolesterol tinggi alami.


KONTAN.CO.ID - Mengkonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi adalah salah satu cara mengatasi kolesterol tinggi. Hal tersebut dikarenakan asupan makanan adalah salah satu faktor penting untuk mengontrol kadar kolesterol.

Asupan makanan sehat merupakan salah satu dari sekian cara menurunkan kolesterol jahat. Makanan yang cocok bisa menjadi obat alami untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. 

Dampak buruk jika kolesterol tinggi dan tidak diperhatikan adalah meningkatnya risiko penyakit jantung, darah tinggi, stroke dan berbagai penyakit serius lainnya.

Baca Juga: Waspada 5 Gejala Kanker Prostat yang Sering Tidak Disadari Banyak Orang

Melansir Heart Foundation, berikut ada beberapa rekomendasi makanan penurun kolesterol tinggi, di antaranya adalah: 

1. Buah dan Sayur 

Berbagai macam buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak serat cocok sekali untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin, kadar kolesterol jahat Anda akan segera cepat menurun. 

Baca Juga: Catat 6 Makanan Untuk Diet yang Membantu Menurunkan Berat Badan

2. Kacang Kedelai

Makanan yang cocok untuk dikonsumsi sebagai obat alami penurun kolesterol adalah kacang kedelai. Anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan olahan dari kacang kedelai seperti tahu, tempe hingga susu kedelai dengan catatan tanpa pemanis buatan.

3. Oatmeal 

Rekomendasi makanan penurun kolesterol tinggi secara alami selanjutnya, oatmeal. Selain dipercaya dapat menurunkan kolesterol, oatmeal juga cocok sebagai makanan untuk menurunkan berat badan karena mengandung banyak protein serta rendah kalori.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan, Apa Saja?

4. Lemak Sehat 

Makanan yang cocok untuk menurunkan kolesterol terakhir yaitu dengan mengkonsumsi lemak sehat. Lemak sehat menjadi pilihan yang pas bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi. 

Contohnya, Anda bisa mengkonsumsi alpukat dan mintak zaitun yang memiliki lemak sehat. 

Itulah beberapa rekomendasi makanan yang cocok untuk menurunkan kolesterol jahat. Meski makanan di atas memiliki berbagai manfaat, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter agar manfaat menjadi lebih maksimal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru