kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Obat Gatal Alami Ampuh yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah


Rabu, 08 Februari 2023 / 12:02 WIB
8 Obat Gatal Alami Ampuh yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah
ILUSTRASI. Obat gatal alami.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Rasa gatal yang terjadi pada tubuh bisa disebabkan oleh banyak hal. Kondisi ini sering kali membuat Anda tanpa sadar menggaruk area yang gatal. Menyembuhkannya dengan obat gatal alami bisa jadi alternatif.

Untuk mengatasi gatal, Anda juga bisa menggunakan obat gatal seluruh badan yang dibeli dari apotek. Namun, penggunaan obat tersebut perlu disesuaikan dengan penyebab gatalnya.

Dengan membuat sendiri obat gatal alami, Anda tak perlu membeli berbagai macam obat ke apotek. Tak ada salahnya mencoba meredakannya dengan obat gatal alami.

Lantas, apa saja obat gatal alami paling ampuh? 

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Yuk Cek!

8 Obat gatal alami 

Obat gatal alami

Nah, berikut ini 8 obat gatal alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah sebagaimana dilansir dari laman Medical News Today:

1. Menthol

Obat gatal alami pertama yang bisa Anda gunakan adalah menthol. Menthol adalah minyak esensial yang ditemukan pada tumbuhan peppermint atau lebih dikenal sebagai daun mint. 

Menthol memiliki efek dingin dan dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan gatal. Sebuah penelitian pada 2012 menyelidiki apakah minyak peppermint, yang mengandung mentol, dapat secara efektif mengobati kulit gatal pada wanita hamil.

Baca Juga: Apa Itu Obat Fomepizole untuk Pasien Gagal Ginjal Akut?

Peneliti membagi peserta menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima sebotol minyak wijen yang ditambah dengan konsentrasi minyak peppermint 0,5 persen. Kelompok lainnya menerima botol berisi kombinasi wijen dan minyak zaitun.

Peserta mengoleskan minyak ke area kulit yang gatal dua kali sehari selama 2 minggu. Mereka yang menggunakan minyak yang mengandung peppermint melaporkan penurunan keparahan gatal yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan wijen dan zaitun.

Agar jadi obat gatal alami paling ampuh, encerkan minyak esensial mint dalam minyak lain seperti wijen atau pun zaitun sebelum dioleskan ke kulit. Minyak menthol juga bisa digunakan sebagai obat alami gatal di sekitar kemaluan dan selangkangan.

Baca Juga: Cek Yuk! 6 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

2. Mendinginkan kulit gatal

Obat gatal alami kedua adalah dengan mendinginkan kulit. American Academy of Dermatology menyarankan bahwa cara yang baik untuk meredakan kulit gatal adalah dengan mengoleskan kain dingin yang basah atau kompres es ke area yang terkena selama 5–10 menit.

Mendinginkan kulit juga membantu mengurangi peradangan yang mungkin menyebabkan gatal. Pilihan obat gatal alami lainnya dari cara ini adalah menyimpan krim dan lotion pelembab di lemari es.

Hal ini akan memastikan mereka memiliki efek pendinginan langsung ketika seseorang menerapkannya pada kulit.

Baca Juga: Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan

3. Kain kasa basah

Membungkus area yang gatal menggunakan kain kasa yang dibasahi air juga menjadi salah satu obat gatal alami. Kain basah akan merehidrasi dan menenangkan kulit sambil memberikan penghalang fisik yang melindungi dari goresan. 

Perawatan ini bisa sangat bermanfaat bagi anak-anak. Berikut ini cara menggunakan kain kasa basah sebagai obat gatal alami:

  • Basahi sebagian kain kasa dengan air hangat hingga lembap.
  • Bungkus kain kasa di sekitar area kulit yang gatal.
  • Bungkus selembar kain kasa kering di atas yang basah.
  • Biarkan selama beberapa jam atau semalaman. 

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Batuk Kering Secara Alami

obat alami gatal

4. Oatmeal koloid

Obat gatal alami selanjutnya yakni dengan otmeal koloid. Oatmeal koloid dapat meredakan gatal dan kulit kering. 

Oatmeal koloid adalah oatmeal yang berbeda dengan yang biasa dikonsumsi. Oatmeal koloid adalah oatmeal yang biasa digunakan dalam lotion maupun untuk mandi. 

Oatmeal koloid dapat membantu meredakan gatal. Oatmeal koloid juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang keduanya membantu mengurangi iritasi kulit. Oatmeal koloid juga tersedia dalam bentuk krim dan losion.

Baca Juga: Simak 5 Cara Menghilangkan Kulit Kaki Pecah-Pecah dari Rumah

5. Cuka sari apel

Cuka sari apel juga bisa dipakai sebagai obat gatal alami karena mengandung asam asetat. Asam asetat sendiri telah digunakan orang selama ribuan tahun sebagai desinfektan dan antiseptik luka alami.

Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), sebagai obat gatal alami, cuka sari apel dapat sangat membantu meredakan kulit kepala yang gatal.

NPF merekomendasikan untuk mengencerkan cuka dalam air menggunakan rasio 1 banding 1. Oleskan larutan ke kulit dan biarkan mengering sebelum membilasnya dengan lembut dengan air hangat.

Cuka dapat menyebabkan sensasi terbakar pada luka terbuka. Orang dengan kulit pecah-pecah dan berdarah harus menghindari perawatan ini.

Baca Juga: Cara Mudah Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Vagina

6. Melembabkan

Obat gatal alami keenam yakni dengan pelembab. Pelembab dapat menghidrasi lapisan kulit terluar dan menghentikan rasa gatal.

Sebagai obat gatal alami, pelembab seringkali penting untuk mengatasi kondisi kulit yang menyebabkan gatal dan kekeringan. Pelembab yang baik akan mengandung humektan dan emolien. 

Humektan menarik air ke dalam kulit, sedangkan emolien membentuk lapisan pelindung di permukaan kulit, yang membantu mengunci kelembapan. Pelembap sebaiknya dioleskan segera setelah mandi, saat kulit masih sedikit lembap.

Baca Juga: Asam Urat Bisa Picu Peradangan di Lutut, Ini Cara Mengobatinya di Rumah

Beberapa saran penggunaan pelembab sebagai obat gatal alami: 

  • Gunakan pelembap dengan kandungan minyak yang tinggi 
  • Gunakan pelembap di tangan setelah mencuci tangan
  • Gunakan pelembap sebelum tidur untuk membantu kulit tetap terhidrasi sepanjang malam

Baca Juga: Bau Mulut Tak Sedap? Kenali 5 Penyakit yang Ditandai dengan Bau Mulut Ini

7. Soda kue

Obat gatal alami ketujuh yaitu menggunakan soda kue. Soda kue memiliki sifat antijamur.

Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan soda kue efektif untuk mengobati berbagai kondisi kulit karena jamur yang dapat menyebabkan gatal.

Pilihan alternatif obat gatal alami dengan soda kue adalah mencampurkan soda kue dengan sedikit air untuk membentuk pasta, yang dapat dioleskan langsung ke area yang gatal.

Baca Juga: Bisa Kumur dengan Air Garam, Simak Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Alami

8. Menghindari iritasi

Obat gatal alami terakhir yakni sebisa mungkin menghindari iritasi. Menurut American Academy of Dermatology, orang harus menghindari kemungkinan iritasi, karena dapat memperburuk rasa gatal. Kemungkinan iritasi termasuk:

  • Air panas: Mandi dengan air panas menghilangkan kelembapan dari kulit sehingga lebih rentan terhadap kemerahan, gatal, dan kering. 
  • Perubahan suhu dan kelembaban: Perubahan suhu dan kelembapan yang ekstrem dapat membuat kulit kering, menyebabkan pengelupasan dan gatal.

Baca Juga: Kadar Normal Asam Urat untuk Laki-Laki & Wanita, Catat Cara Agar Asam Urat Keok

  • Produk perawatan kulit berbau wangi: Beberapa produk perawatan kulit mengandung bahan tambahan, seperti parfum dan pewarna buatan, yang dapat menyebabkan atau memperparah iritasi kulit. Orang dengan kulit gatal atau sensitif harus menggunakan produk perawatan kulit bebas pewangi dan bebas pewarna.
  • Wol dan serat sintetis: Pakaian yang terbuat dari wol atau serat sintetis dapat terasa kasar di kulit, menyebabkan gatal dan iritasi. Saat kulit gatal, Anda dapat memilih untuk mengenakan pakaian katun yang longgar. 

Itulah sederet obat gatal alami yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Beberapa metode ini bahkan bisa dibilang sebagai obat gatal alami paling ampuh, termasuk bisa digunakan sebagai obat alami gatal di sekitar kemaluan dan selangkangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×