kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Jika Rajin Dikonsumsi


Senin, 11 September 2023 / 11:42 WIB
8 Manfaat Sawi Putih untuk Kesehatan Jika Rajin Dikonsumsi
ILUSTRASI. Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh yang bisa didapatkan jika rajin dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, cara memasak dan mengolahnya juga perlu diketahui untuk bisa mendapatkan manfaat sawi putih tersebut.

Sawi putih juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. 

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam sawi putih di antaranya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin K dan lain-lain.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Selain itu, sawi putih juga termasuk salah satu jenis sayuran yang cukup enak dan kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan. Lalu apa saja manfaat sawi putih untuk kesehatan? 

Melansir dari Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh yang cukup menarik perhatian di antaranya adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Pasalnya, sawi putih mengandung sejumlah vitamin yang meningkatkan kerja jantung. 

Selain itu, mengkonsumsi sawi putih juga mampu mengurangi risiko berbagai gejala penyakit jantung.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Jahe untuk Kesehatan Tubuh yang Telah Teruji Khasiatnya

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain baik untuk jantung, sawi putih juga berperan penting untuk meningkatkan fungsi otak. Pasalnya, mengkonsumsi sawi putih mampu merangsang perkembangan otak dan saraf. 

3. Meredakan Sakit Menstruasi

Sawi putih juga bermanfaat untuk meredakan sakit menstruasi. Salah satunya, kandungan zat besi dalam sawi putih mampu meredakan sakit menstruasi, pusing dan lain-lain.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts di Amherst, wanita yang menikmati diet kaya zat besi memiliki 30 hingga 40 persen lebih rendah mengalami PMS dibandingkan wanita yang mengonsumsi lebih sedikit zat besi dari sawi putih.

Baca Juga: Simak 6 Manfaat Kacang Tanah untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

4. Mengontrol Diabetes

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu mampu mengontrol diabetes. Pasalnya, sawi putih mengandung protein yang mampu menjaga keseimbangan gula darah dalam tubuh.

5. Meredakan Flu

Sawi putih juga termasuk salah satu sayuran yang mengandung cukup banyak vitamin C. Vitamin C juga berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sehingga mengkonsumsi sawi putih mampu meredakan flu dan memperkuat tubuh dari infeksi atau bakteri virus yang berbahaya.

Baca Juga: Catat 7 Khasiat dan Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

6. Menjaga Perkembangan Janin

Sawi putih adalah sayuran yang cukup penting dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, sawi putih mengandung cukup kalsium yang dianjurkan karena mampu menjaga perkembangan jani pada ibu hamil.

7. Membantu Mobilitas Sendi

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh selanjutnya yaitu dapat membantu meningkatkan mobilitas sendi. 

Penelitian menunjukkan bahwa Vitamin B3 dalam sawi putih efektif dalam meningkatkan mobilitas sendi. Hal tersebut dikarenakan asupan niasin dengan tingkat nyeri sendi yang lebih rendah, peningkatan kekuatan otot, dan lebih sedikit gejala yang terkait dengan kelelahan otot atau sendi.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Kalah Populer

8. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh terlewatkan adalah bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang. Kandungan vitamin K dan kalsium yang cukup tinggi membuat sawi putih bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kepadatan tulang.

Selain itu, mengkonsumsi sayuran yang kaya akan kalsium juga mampu mencegah osteoporosis dan berbagai masalah tulang. Itulah beberapa manfaat sawi putih untuk kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×