kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat kacang almond untuk kesehatan, termasuk penurun berat badan


Jumat, 23 April 2021 / 14:25 WIB
8 Manfaat kacang almond untuk kesehatan, termasuk penurun berat badan
ILUSTRASI. Manfaat kacang almond untuk kesehatan.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh di balik rasanya yang lezat. Selain dijadikan camilan, kacang ini juga banyak digunakan untuk berbagai campuran makanan.

Bulir kacang almond relatif lebih besar dibandingkan dengan kacang-kacangan lainnya. Almond juga akan terasa sangat mengenyangkan.

Kacang almond mulai populer sejak dibudidayakan di Amerika Serikat. Almond sendiri awalnya berasal dari Spanyol, lalu dibawa para pelaut Eropa ke Benua Amerika.

Berikut ini manfaat almond bagi kesehatan seperti dikutip dari Healthline:

1. Sumber banyak nutrisi

Almond adalah kacang yang sangat kaya nutrisi. Setiap 1 ons almond mengandung kalori sebesar 173, protein 5 gram, lemak 16 gram, dan serat 3 gram.

Almond juga sangat kaya vitamin E, magnesium, fosfor, tembaga, mangan, dan selenium. Makanan jenis kacang-kacangan seperti almond, kacang mete, dan hazelnut memang pada umumnya merupakan makanan yang kaya nutrisi.

2. Sumber antioksidan

Manfaat almond salah satunyasebagai sumber antioksidan, termasuk polifenol dalam kacang-kacangan, yang dapat melawan radikal bebas. Satu studi menemukan, kacang almond dan kenari memiliki polifenol yang lebih besar untuk melawan radikal bebas daripada ikan.

Penelitian menunjukkan, antioksidan dalam kenari dan almond dapat melindungi lemak halus di sel tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.

Dalam satu penelitian pada 13 orang, makan kenari atau almond meningkatkan kadar polifenol dan secara signifikan mengurangi kerusakan oksidatir serta mengurangi kadar lemak jahat atau LDL.

Baca Juga: 4 Obat herbal vertigo ini bisa Anda dapat dari bahan alami

3. Penurun berat badan

Meskipun dianggap sebagai makanan berkalori tinggi, penelitian menunjukkan, kacang-kacangan dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat almond secara konsisten terbukti meningkatkan penurunan berat badan. 

Dalam sebuah penelitian lain pada wanita yang kelebihan berat badan, mereka yang makan almond kehilangan berat badan hampir tiga kali lebih banyak dan mengalami penurunan ukuran pinggang yang jauh lebih besar dibanding kelompok yang tidak diberi asupan almond.

4. Menurunkan kolesterol

Kacang-kacangan seperti almond memiliki efek yang mengesankan pada penurunan kadar kolesterol dan trigliserida. Manfaat kacang almond telah terbukti menurunkan kadar trigliserida pada orang yang mengalami obesitas dan penderita diabetes.

Kekuatan penurun kolesterol dari kacang-kacangan mungkin karena kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang tinggi.

Kacang almond dan hazelnut juga tampaknya meningkatkan kolesterol HDL yang bersifat baik, sekaligus mengurangi kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Pengobatan diabetes

Diabetes tipe 2 adalah penyakit umum yang menyerang ratusan juta orang di seluruh dunia. Menariknya, kacang mungkin menjadi salah satu makanan terbaik bagi penderita diabetes tipe 2.

Manfaat almond adalah rendah karbohidrat dan tidak banyak meningkatkan kadar gula darah. Dengan demikian, mengganti menu makan karbohidrat tinggi dengan kacang-kacangan bisa efektif menurunkan kadar gula darah.

Studi menunjukkan, manfaat kacang almond juga dapat menurunkan stres, tekanan darah, dan penyakit lain yang terkait dengan metabolisme tubuh.

Baca Juga: Masker spirulina bisa Anda buat dengan 6 bahan ini




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×