kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga, Simak!


Rabu, 04 Oktober 2023 / 11:16 WIB
8 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan Tubuh yang Tidak Terduga, Simak!
ILUSTRASI. Manfaat daun pepaya untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Banyak manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh yang tidak terduga dan luput dari perhatian. Padahal, manfaat daun pepaya telah teruji khasiatnya secara klinis jika dikonsumsi dengan benar.

Daun pepaya (Carica papaya) adalah salah satu bagian dari tanaman pepaya yang sering diabaikan oleh banyak orang. Padahal, daun pepaya memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. 

Di berbagai budaya, daun pepaya telah digunakan secara tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Merangkum dari Healthline berikut beberapa manfaat daun pepaya:

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan dan Khasiat yang Jarang Diketahui

1. Menyokong Sistem Kekebalan Tubuh

Daun pepaya mengandung berbagai senyawa bioaktif, termasuk vitamin A, vitamin C, dan vitamin E, serta beta-karoten dan selenium. Semua komponen ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, menjadikan tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

Baca Juga: 5 Obat Sinusitis Alami yang Ampuh dan Bermanfaat Bagi Kesehatan

2. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Enzim papain yang terdapat dalam daun pepaya memiliki kemampuan untuk memecah protein dalam makanan, sehingga dapat membantu pencernaan. Selain itu, serat dalam daun pepaya juga membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan antioksidan dalam daun pepaya, seperti karotenoid, likopen, dan vitamin C, dapat membantu melawan kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas. Ini dapat mengurangi risiko terjadinya kanker, terutama kanker payudara, kanker prostat, dan kanker kolorektal.

Baca Juga: Catat 5 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

4. Menurunkan Tekanan Darah

Daun pepaya juga mengandung senyawa fitokimia seperti flavonoid dan karpain yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Mengonsumsi ekstrak daun pepaya secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun pepaya memiliki sifat diuretik alami yang dapat membantu mengurangi retensi air dalam tubuh. Selain itu, serat dalam daun pepaya juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengontrol nafsu makan dan membantu dalam program penurunan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Klinis

6. Mendukung Kesehatan Mata

Vitamin A dan beta-karoten dalam daun pepaya sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Mereka dapat membantu mencegah masalah mata seperti degenerasi makula dan katarak.

7. Mengatasi Masalah Kulit

Daun pepaya dapat digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan kulit. Ekstrak daun pepaya dapat membantu mengurangi bintik hitam, jerawat, dan masalah kulit lainnya. Ini karena papain dalam daun pepaya memiliki sifat eksfoliatif yang dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan dan Khasiat yang Luar Biasa

8. Meredakan Gejala Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun pepaya dapat membantu meredakan gejala diabetes, termasuk mengurangi kadar gula darah. Ini mungkin karena efek positif daun pepaya terhadap pencernaan dan penyerapan glukosa.

Penting untuk diingat bahwa sebelum mengonsumsi atau menggunakan daun pepaya sebagai obat atau suplemen, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan profesional kesehatan terlebih dahulu. Meskipun daun pepaya memiliki banyak manfaat, ada juga potensi efek samping dan interaksi dengan obat-obatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×