kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Manfaat Buah Jaboticaba yang Jarang Diketahui Banyak Orang


Selasa, 01 November 2022 / 11:55 WIB
8 Manfaat Buah Jaboticaba yang Jarang Diketahui Banyak Orang
ILUSTRASI. Manfaat buah jaboticaba untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah jaboticaba nampaknya masih asing di telinga kebanyakan orang. Padahal, buah jaboticaba mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah jaboticaba sendiri adalah salah satu jenis buah anggur yang berasal dari Brazil dan kerap disebut sebagai anggur Brazil. 

Buah jaboticaba juga mempunyai rasa yang enak untuk dikonsumsi. Selain itu, buah jaboticaba juga kerap diolah menjadi berbagai jenis makanan seperti jus, selai, minuman keras, kue dan lain-lain.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan, Catat!

Banyaknya manfaat buah jaboticaba berasal dari melimpahnya kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi dalam buah jaboticaba seperti vitamin C, vitamin B, vitamin K, protein, serat dan berbagai nutrisi lainnya.

Lantas apa saja manfaat buah jaboticaba untuk kesehatan?

Melansir dari Netmeds, ada beberapa manfaat buah jaboticaba berikut ini:

1. Baik Untuk Sistem Pernapasan

Salah satu manfaat buah jaboticaba adalah baik untuk sistem pernapasan dan mampu mengurangi gejala masalah pernapasan salah satunya asma. Hal tersebut dikarenakan buah jaboticaba mengandung senyawa yang mampu meningkatkan imunitas.

2. Mengurangi Peradangan

Manfaat buah jaboticaba selanjutnya yaitu mampu mengurangi dan meradakan berbagai jenis peradangan. Hal tersebut dikarenakan buah jaboticaba mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang mampu mencegah infeksi.

Baca Juga: Prediksi Marseille vs Tottenham Hotspur dan Jadwal Liga Champions Pekan 6

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan antioksidan dalam buah jaboticaba juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Buah yang disebut anggur Brazil ini mampu membantu meremajakan dan menghidrasi sel-sel kulit, mendukung sintesis kolagen yang membantu meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit kenyal dan ternutrisi. 

Sehingga dengan mengkonsumsi buah jaboticaba mampu menunda tanda-tanda awal penuaan seperti bintik hitam, kerutan, dan garis-garis halus. 

4. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Ekstrak buah jaboticaba juga kerap diolah menjadi obat alami rambut rontok. Pasalnya, buah jaboticaba mengandung banyak nutrisi yang efektif mempercepat pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Baca Juga: Hindari 5 Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi, Catat!

5. Mencegah Kanker

Manfaat buah jaboticaba yang tak kalah hebatnya yaitu mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Pasalnya, buah jaboticaba mengandung antioksidan dan antikanker yang kuat dalam menangkal berbagai radikal bebas, mencegah kerusakan sel dan hal-hal yang memicu kanker.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tak berhenti disitu, kandungan serat dengan anthocyanin dan polifenol dalam buah jaboticaba ini juga mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Kandungan tersebut juga mampu mengurangi kolesterol jahat yang dapat memicu penyakit jantung.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

Sifat astringen alami dalam ekstrak buah jaboticaba sangat penting dalam memerangi diare. Paslanya, Buah jaboticaba yang diberkati dengan vitamin dan mineral penting mendukung mikrobioma usus, mengatur pergerakan usus dan mencegah dehidrasi sehingga baik untuk sistem percernaan.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Kelapa Untuk Kesehatan, Simak!

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah jaboticaba selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan tulang. Mengkonsumsi buah jaboticaba secara rutin dapat memperkuat tulang Anda. Hal tersebut dikarenakan buah jaboticaba mengandung banyak serat, magnesium dan kalsium yang dapat memperkuat serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×