kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.324.000 1,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Makanan untuk Menambah Sel Darah Putih yang Tingkatkan Imunitas Tubuh


Senin, 06 November 2023 / 12:57 WIB
8 Makanan untuk Menambah Sel Darah Putih yang Tingkatkan Imunitas Tubuh


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak daftar makanan untuk menambah sel darah putih. Peran sel darah penting dalam proses tubuh menerima nutrisi dan proses imunitas.

Sel darah putih (leukosit) adalah jenis sel darah yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Ini merupakan komponen penting dalam pertahanan tubuh terhadap infeksi dan berbagai penyakit.

Tentunya, sel darah putih diproduksi dalam sumsum tulang dan tersebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Ada beberapa jenis sel darah putih yang berbeda, masing-masing dengan peran dan fungsi khusus dalam sistem kekebalan tubuh.

Sel darah putih berperan dalam mengidentifikasi, menyerang, dan menghilangkan patogen, sel kanker, dan zat asing lainnya yang dapat merugikan tubuh.

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Autoimun? Ini Penyebab, Gejala, dan Jenis Penyakit Autoimun

Makanan untuk menambah sel darah putih

Sel darah putih

Komponen ini juga berpartisipasi dalam proses peradangan, pemulihan luka, dan pengaturan respons kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Jumlah sel darah putih dalam darah dapat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan individu. Saat terdapat infeksi atau penyakit, biasanya akan terjadi peningkatan jumlah sel darah putih dalam upaya tubuh untuk melawan patogen.

Untuk itu, Anda perlu mengenal beberapa nutrisi penting yang baik untuk berkembangan sel darah putih dalam tubuh.

Nutrisi tersebut antara lain, Protein, Vitamin C, Vitamin B, vitamin A, hingga Asam Lemak Omega-3 yang dapat mendukung respons kekebalan tubuh dengan sehat.

Simak daftar makanan untuk menambah sel darah putih tetap bekerja dengan baik dilansir dari laman Ironwood Research Center.

Baca Juga: 7 Makanan Pemicu Trigliserida Melonjak Naik, Hindari dari Sekarang!

1. Ikan omega-3

Asam lemak omega-3 dari makanan dapat membantu meningkatkan produksi fagosit tubuh, sejenis sel darah putih, yang menelan penyerang berbahaya.

Penelitian pada tahun 2022 yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, kadar sel darah putih pada sukarelawan yang konsumsi asam lemak lebih meningkat dan meningkatkan aktivitas sejenis sel darah putih yang disebut sel B atau limfosit.

Anda bisa mencoba makanan tinggi Omega 3 antara lain minyak biji rami, biji chia, minyak ikan, kenari, tiram, salmon, bayam, dan kedelai.

2. Teh hijau

Teh hijau telah digunakan sejak lama untuk mengatasi berbagai penyakit. Ia kaya akan antioksidan, yang membantu tubuh melawan infeksi dan penuh dengan flavonoid dan epigallocationchin gallate (EGCG) yang meningkatkan fungsi kekebalan dan melawan infeksi.

Teh hijau juga mengandung asam amino L-theanine yang meningkatkan produksi senyawa pelawan kuman di sel T. Sehingga, Anda bisa nikmati teh hijau setiap hari untuk hasil terbaik.

3. Bawang putih

Bawang putih bermanfaat untuk menambah sel darah putih dan meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami. Selain itu, kaya akan belerang, yang membantu meningkatkan kekebalan dan jumlah sel darah putih.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sifat antimikroba dan kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh yang kuat dan signifikan serta sangat efektif melawan infeksi virus, jamur, bakteri, dan parasit.

Selain itu, ini juga meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk melawan infeksi dan meningkatkan sel kekebalan lainnya. Pastikan untuk menambahkan bawang putih ke hidangan favorit Anda dan saus salad untuk meningkatkan rasa dan mendapatkan banyak manfaat.

4. Sayur hijau

Buah dan sayur dapat membantu meningkatkan produksi antibodi dan menambah sel darah putih karena kaya akan vitamin C dan Vitamin A (Beta Karoten). Anda bisa mengonsumsi minimal 5-6 porsi sayur dan buah per hari untuk memastikan asupan vitamin tersebut tercukupi.

Sayuran yang mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi terdiri dari segala jenis paprika, sawi, kubis brussel, kangkung, brokoli, bayam, dan kembang kol.

5. Buah Pepaya

Buah ini memiliki kemampuan untuk menambah sel darah putih atau limfosit dalam tubuh karena kaya akan vitamin A dan Vitamin C. Buah ini juga mengandung enzim pencernaan bernama papain yang memiliki efek anti inflamasi.

Selain itu, buah ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan karena kaya akan sumber folat, potasium, dan vitamin B.

6. Biji-bijian

Makanan tinggi Vitamin E memiliki kemampuan untuk memperkuat kekebalan tubuh karena mengandung sifat antioksidan yang membantu merangsang produksi sel pembunuh untuk membantu menghancurkan sel kanker dan kuman.

Produksi sel B yang berasal dari kekebalan juga ditingkatkan oleh vitamin E yang membantu memproduksi antibodi yang berguna untuk membunuh bakteri. Konsumsilah makanan seperti almond, selai kacang, biji bunga matahari, brokoli, dan bayam untuk mendapatkan dosis vitamin E harian.

7. Yogurt

Pilihan vitamin kompleks seperti B6 dan B12 bisa menambah sel darah putih dalam tubuh. Makanan kaya vitamin B6 terdiri dari biji bunga matahari, ayam, kalkun, kacang kering, alpukat, bayam, dan pisang.

Makanan tinggi vitamin B12 termasuk yogurt dan susu rendah lemak, oatmeal sarapan yang diperkaya, ayam, kerang, trout, dan salmon.

8. Protein tanpa lemak

Protein berkualitas baik penting untuk dimasukkan oleh pasien kanker ke dalam makanan mereka, karena tubuh kita membutuhkan bahan pembangun (asam amino) dari protein yang kita makan untuk membuat sel darah putih baru.

Daging tanpa lemak, seperti ikan, telur, seafood, dan unggas tanpa kulit mengandung protein dalam jumlah tinggi. Sumber nabati yang bagus termasuk lentil, kacang-kacangan, dan kedelai.

Memastikan pola makan seimbang dengan asupan nutrisi yang mencukupi adalah kunci untuk mendukung kesehatan sel darah putih dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Itulah deretan daftar makanan untuk menambah sel darah putih yang wajib Anda ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×