8 Makanan Penurun Kolesterol yang Cocok Dikonsumsi Setelah Makan Sate Daging Kurban

Senin, 11 Juli 2022 | 12:44 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
8 Makanan Penurun Kolesterol yang Cocok Dikonsumsi Setelah Makan Sate Daging Kurban

ILUSTRASI. Teh hijau adalah salah satu makanan penurun kolesterol yang cocok dikonsumsi setelah mengkonsumsi sate daging kurban.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Hari Raya Idul Adha sangat identik dengan kebiasaan makan sate dari hasil daging kurban. Terlalu banyak mengkonsumsi daging sapi atau kambing dapat membahayakan kesehatan karenan memicu kolesterol tinggi. Namun, ada beberapa makanan penurun kolesterol yang cocok untun dikonsumsi setelah makan sate kurban.

Selain dapat menurunkan kolesterol tinggi setelah mengkonsumsi sate kurban. Umumnya, makanan penurun kolesterol baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Pasalnya, dapat meningkatkan risiko munculnya berbagai penyakit berbahaya lainnya. 

Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Kulit, Mampu Menyamarkan Noda Hitam Loh

Oleh karena itu penting untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap normal. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol atau makanan sehat. 

Kolesterol juga berperan penting bagi tubuh manusia. Salah satu peran kolesterol adalah membuat sejumlah hormon penting di dalam tubuh. 

Namun, sebaliknya jika kadar kolesterol tinggi akan meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya penyakit jantung. 

Melansir dari Medical News Today, terdapat beberapa makanan sehat yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi dan cocok dikonsumsi setelah makan sate kurban, di antaranya:

Alpukat 

Rekomendasi makanan penurun kolesterol pertama adalah alpukat. Salah satu jenis buah ini mampu membantu menurunkan kolesterol jahat serta memiliki rasa yang enak saat dikonsumsi. 

Terong 

Selain alpukat, terong juga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol. Selain dapat menurunkan kadar kolesterol, terong juga memiliki khasiat lain yaitu dapat menurunkan berbagai risiko penyakit lain. 

Baca Juga: 7 Obat Alami yang Ampuh Mengatasi Sakit Maag, Simak!

Teh Hijau

Teh hijau juga dipercaya dapat membatun menurunkan kolesterol. Teh hijau mengandung senyawa yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun, hal tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait manfaat teh hijau lain. 

Kacang Kedelai

Mengkonsumsi kacang kedei secara rutin juga dapat menurunkan kolesterol. Selain itu, cukup banyak olahan kacang kedelai enak yang dapat dipilih salah duanya tahu atau tempe. 

Apel

Selain alpukat, terdapat buah lain yang merupakan makanan penurun kolesterol yaitu apel. Pasalnya, apel memiliki cukup banyak serat yang baik bagi kesehatan. 

Baca Juga: Arema FC VS PSIS Semarang, Cek Jadwal Semi Final Leg 2 Piala Presiden 2022

Oatmeal

Bagi yang sedang menjalankan program diet mungkin tidak asing dengan oatmeal. Makanan sehat ini dipercaya juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. 

Oatmeal juga mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh. Selain itu Anda bisa mencamput makanan penurun kolesterol ini dengan buah-buahan agar lebih enak saat dimakan. 

Yogurt

Rekomendasi makanan penurun kolesterol lainnya adalah yogurt. Makanan olahan dari susu ini dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. 

Namun, sebelum mengkonsumsinya pastikan yogurt tidak mengandung pemanis buatan atau tambahan. 

Baca Juga: Waspada 6 Penyebab Hipertensi yang Sebaiknya Anda Ketahui

Cokelat Hitam

Cokelat hitam merupakan rekomendasi makanan penurun kolesterol terakhir. Kenapa cokelat hitam? Pasalanya makanan ini mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang baik bagi keseahatan tubuh. 

Meski rekomendasi makanan penurun kolesterol di atas baik untuk kesehatan, tetap jangan mengkonsumsinya secara berlebihan. Agar manfaat dari makanan lebih maksimal disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru