8 Ciri-ciri dan gejala terinfeksi Covid-19, waspada!

Jumat, 16 Juli 2021 | 04:17 WIB Sumber: Kompas.com
8 Ciri-ciri dan gejala terinfeksi Covid-19, waspada!

ILUSTRASI. Terdapat beberapa ciri yang dapat dijadikan tanda seseorang terinfeksi virus, yang secara umum meliputi demam, batuk, mual, hingga sesak napas.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, jumlah kasus baru infeksi Covid-19 masih terus melonjak di Indonesia. Meskipun beberapa orang yang terpapar tak menunjukkan gejala tertentu, virus penyebab pandemi ini dapat menimbulkan gejala pada orang yang terinfeksi. 

Gejala yang ditimbulkan pun juga beragam, dengan biasanya muncul pada periode masa inkubasi atau sekitar 2-14 hari. 

Terdapat beberapa ciri yang dapat dijadikan tanda seseorang terinfeksi virus, yang secara umum meliputi demam, batuk, mual, sesak napas, kelelahan, hingga hilangnya kemampuan indra pembau dan pengecap. 

Apa saja ciri-ciri terinfeksi virus corona? 

1. Demam dan menggigil 

Demam biasanya muncul pada orang yang terinfeksi Covid-19, dengan suhu lebih dari 37,7 derajat celcius. Paling umum, suhu tubuh naik pada sore hari menjelang petang, karena ini merupakan cara virus menghasilkan demam. 

Sementara itu, orang yang terpapar virus corona akan menggigil, tubuh terasa sakit, serta demam tinggi saat malam hari. Kendati begitu, tak semua orang dengan Covid-19 mengalami reaksi yang parah. 

Baca Juga: 3 Hal ini dialami penderita Covid-19 yang sudah divaksin

Ada pula orang yang terinfeksi corona mengalami kedinginan seperti flu ringan, sendi dan otot pegal-pegal. 

2. Sesak napas 

Sesak napas biasanya muncul sebagai tanda penyakit mencapai tahapan serius. Gejala ini dapat muncul tanpa diiringi dengan batuk. Jika merasa kondisi dada seperti diikat atau mulai merasa kesulitan bernapas, maka dapat segera menghubungi penyedia layanan kesehatan. 

Baca Juga: Cara membedakan gejala Covid-19 varian Delta dengan flu musiman

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru