CLOSE [X]

8 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami yang Bisa Dicoba

Selasa, 02 Agustus 2022 | 15:29 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
8 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami yang Bisa Dicoba

ILUSTRASI. Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami.


KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah cara menghilangkan bau ketiak secara alami yang bisa Anda coba. Bau di ketiak seringkali cukup menganggu, bahkan bisa menurunkan kepercayaan diri. 

Penyebab bau ketiak adalah kelenjar keringat yang memiliki peran menjaga suhu tubuh tetap stabil saat kondisi panas. Keringat ini mengandung lemak dan protein yang diurai oleh bakteri.

Kandungan lemak dan protein inilah kemudian bercampur dengan bakteri. Protein dan lemak akan dipecah oleh bakteri dan menghasikan bau tidak sedap. 

Selain di ketiak, bau tidak sedap lazim muncul pada sela-sela tubuh seperti selangkangan dan sekitar payudara. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau ketiak secara alami? 

Baca Juga: Auto Kinclong, Coba Rekomendasi 4 Produk Krim Pemutih Ketiak Berikut Ini

8 Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Cara Meghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Berikut ini 8 cara menghilangkan bau ketiak secara alami tanpa obat-obatan sebagaimana dilansir dari Scoophwoop:

1. Cuka apel

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami salah satunya dengan menggunakan cuka apel. Caranya, langsung oleskan cuka sari apel ke ketiak Anda. Sifat antimikroba dan asam dalam cuka apel dapat menghancurkan bakteri penyebab bau.

2. Lemon

Selanjutnya, lemon juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Untuk melenyapkan bau tidak sedap di ketiak, oleskan langsung potongan lemon di ketiak. 

Anda juga bisa mencampur perasan lemon dengan soda kue, campuran keduanya efektif membunuh bakteri penyebab bau badan. 

3. Alkohol

Cara menghilangkan bau ketiak secara alami selanjutnya adalah dengan memakai alkohol. Gosokkan alkohol encer dengan lembut pada ketiak Anda untuk menutup pori-pori yang terbuka dan menghilangkan keringat yang menyebabkan bau tak sedap.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Teh Pelangsing yang Efektif dan Sudah Terdaftar BPOM

4. Kayu cendana

Bubuk kayu cendana juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Bubuk cendana adalah solusi efektif untuk mengatasi bau ketiak karena memiliki aroma menenangkan yang menghilangkan bau tak sedap dan mencegah keringat berlebih.

5. Minyak teh

Selanjutnya, minyak teh juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Sifat anti-bakteri yang ditemukan dalam minyak pohon teh adalah solusi yang baik untuk mengatasi bau ketiak dan membunuh bakteri penyebab bau.

6. Lidah buaya

Cara menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan lidah buaya sebenarnya adalah metode yang sudah cukup lama digunakan. 

Lidah buaya kaya akan antioksidan dan sifat anti-bakteri, gel lidah buaya dapat mengurangi bau tak sedap dan membunuh bakteri penyebab bau ketiak. 

Baca Juga: ​7 Manfaat Minum Air Hangat bagi Tubuh yang Sering Diremehkan

7. Lobak

Lobak juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan ketiak secara alami. Lobak bertindak sebagai deodoran organik yang bagus karena mengandung sifat anti-bakteri yang membantu menghentikan bakteri penyebab bau.

Cara pemakaiannya, Anda bisa menjadikan lobak sebagai jus, lalu oleskan langsung pada ketiak.

8. Kentang

Terakhir, cara menghilangkan bau ketiak secara alami yakni dengan menggunakan kentang. Gosokan sepotong kentang di ketiak Anda. 

Hal ini membantu mengendalikan keringat dan menurunkan tingkat pH kulit Anda sehingga dapat menghilangkan bakteri penyebab bau.

Demikian sejumlah cara menghilangkan ketiak secara alami yang dapat Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru