​7 Manfaat Minum Air Hangat bagi Tubuh yang Sering Diremehkan

Jumat, 22 Juli 2022 | 16:58 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​7 Manfaat Minum Air Hangat bagi Tubuh yang Sering Diremehkan

ILUSTRASI. Manfaat Minum Air Hangat


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada sejumlah manfaat minum air hangat bagi tubuh. Manfaat minum air hangat antara lain dapat mendukung kesehatan kulit, otot, dan sendi. 

Air juga membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Sehingga, minum beberapa gelas air hangat atau panas setiap hari juga menawarkan banyak manfaat.

Lantas, apa saja manfaat minum air hangat di pagi hari?

Baca Juga: 7 Makanan Khas Jawa Paling Terkenal dan Asal Daerahnya

7 Manfaat minum air hangat bagi kesehatan 

Manfaat Minum Air Hangat

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut 7 manfaat minum air hangat bagi kesehatan: 

1. Pencernaan yang lebih sehat

Ketika seseorang tidak minum cukup air, usus kecil akan menyerap sebagian besar air yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman. Hal ini menyebabkan dehidrasi dan membuat lebih sulit buang air besar.

Dehidrasi kronis dapat menyebabkan sembelit kronis. Sembelit ini bisa membuat buang air besar terasa sakit dan bisa menyebabkan masalah lain, termasuk wasir dan kembung.

Manfaat minum air hangat adalah dapat memecah makanan lebih cepat dibandingkan minum air dingin. Sehingga, dapat mengurangi risiko sembelit dengan mendukung buang air besar secara teratur.

Baca Juga: 3 Produk Penghilang Bau Ketiak Paling Ampuh, Patut Anda Coba!

2. Detoksifikasi tubuh

Selain itu, manfaat minum air hangat juga dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi. Air hangat atau pun air yang cukup panas dapat menaikkan suhu tubuh seseorang dan menyebabkan berkeringat. 

Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori.

3. Peningkatan sirkulasi

Air hangat adalah vasodilator, artinya dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga, manfaat minum air hangat dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: Gelombang Panas Sebabkan 1.000 Kematian di Portugal, Mungkinkah Terjadi di Indonesia?

Manfaat Minum Air Hangat

4. Penurunan berat badan

Manfaat minum air hangat untuk diet yakni air membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah dari dalam tubuh. Selain itu, minum banyak air juga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan lantaran membuat tubuh merasa kenyang. 

Peneliti menemukan bahwa minum 500 ml air sebelum makan meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

5. Mengurangi nyeri

Manfaat minum air hangat atau panas juga dapat meningkatkan sirkulasi dan juga dapat meningkatkan aliran darah, terutama ke otot yang cedera. 

Orang juga secara rutin menggunakan kompres panas dan botol air panas untuk mengurangi rasa sakit. 

Baca Juga: 3 Produk Penghilang Bau Ketiak Paling Ampuh, Patut Anda Coba!

6. Membantu meredakan pilek 

Selanjutnya, manfaat minum air hangat atau panas yakni dapat membantu meredakan pilek. Uap yang keluar dari air hangat atau panas membantu membuka sumbatan pada sinus.

7. Mengurangi stres

Terakhir, manfaat minum air hangat atau panas dapat membantu seseorang mengelola stres dan kecemasan. Sebuah studi yang lebih tua menemukan bahwa konsumsi cairan panas, seperti teh dan kopi, dapat menurunkan stres dan mengurangi perasaan cemas.

Studi tersebut berpendapat bahwa beberapa efek disebabkan oleh kafein, tetapi kehangatan juga berperan dalam memperbaiki suasana hati seseorang. 

Nah, itulah sejumlah manfaat minum air hangat atau panas bagi tubuh dan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru