8 Cara Membersihkan Paru-Paru Ini Perlu Anda Praktikkan

Selasa, 11 Januari 2022 | 13:51 WIB   Penulis: Belladina Biananda
8 Cara Membersihkan Paru-Paru Ini Perlu Anda Praktikkan

ILUSTRASI. Anda bisa memanfaatkan banyak bahan alami sebagai cara membersihkan paru-paru.


KONTAN.CO.ID - Cara membersihkan paru-paru perlu Anda lakukan secara teratur. Tujuannya, supaya kondisi kesehatan paru-paru tetap terjaga. Dengan begitu, kesehatan tubuh secara menyeluruh pun tidak banyak terganggu.

Kebersihan paru-paru bisa menurun karena berbagai macam hal. Mulai dari asap rokok, paparan jenis polusi yang lain, hingga makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Faktor-faktor ini bisa memicu inflamasi di organ pernapasan.

Apalagi, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu yang berhubungan dengan saluran pernapasan, misalnya, asma. Akibatnya, sistem pernapasan Anda menjadi terganggu yang berdampak pula pada kesehatan Anda.

Beberapa jenis bahan alami di bawah ini bisa Anda jadikan pilihan sebagai cara menyehatkan paru-paru. Meski bisa Anda konsumsi di rumah, bukan berarti Anda dapat mengabaikan saran dokter, ya. Tetap konsultasikan kesehatan Anda supaya kondisi tubuh tetap terpantau.

Baca Juga: Gejala Saat Asam Lambung Naik Diam-diam dan Sebabkan Sakit di Tenggorokan

Apel

Membersihkan paru-paru secara alami bisa Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi apel. Melansir Healthline, mengonsumsi lebih dari lima buah apel per minggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronik.

Teh hijau

Bukan lagi jadi rahasia jika teh hijau termasuk salah satu minuman pembersih paru-paru. Sama seperti kunyit, teh hijau mengandung antiinflamasi dan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan jaringan pada paru-paru dan bagian tubuh yang lain.

Kunyit

Cara membersihkan paru-paru selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan kunyit. Antioksidan, antiinflamasi, serta nutrisi lain yang terdapat dalam jenis rempah itu efektif menjaga fungsi organ pernapasan.

Yogurt

Anda perlu berbahagia jika gemar mengonsumsi yogurt karena produk olahan susu itu termasuk salah satu obat alami membersihkan paru-paru. Yogurt dipenuhi dengan kalsium, kalium, fosfor, dan mineral serta vitamin lain yang dapat menjaga fungsi paru-paru.

Minyak zaitun

Cara membersihkan paru-paru bisa memakai minyak zaitun.

Cara membersihkan paru-paru kotor berikutnya yang direkomendasikan Healthline adalah mengonsumsi minyak zaitun. Khususnya bagi Anda yang menderita penyakit asma.

Selain kaya akan antiinflamasi dan antioksidan, minyak zaitun juga dipenuhi dengan vitamin E yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Anda Mencari Cara Mengeluarkan Dahak? Coba 6 Hal Ini, yuk

Kopi

Mengonsumsi kopi secara teratur juga bisa dijadikan cara membersihkan paru-paru, lo. Kafein dan antioksidan yang terkandung dalam kopi baik untuk kesehatan paru-paru. Kafein mampu memperlebar pembuluh darah sehingga gejala asma bisa berkurang.

Bluberi

Makan bluberi adalah salah satu hal yang bisa Anda coba jika ingin menjaga kesehatan paru-paru. Jenis buah itu memiliki banyak antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan. Dengan begitu, kondisi paru-paru bisa selalu terjaga.

Labu

Supaya kesehatan paru-paru tetap terjaga, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi labu. Sama seperti bahan alami yang lain, labu memiliki banyak antiinflamasi serta antioksidan. Dengan mengonsumsinya secara teratur, kesehatan paru-paru bisa Anda jaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru