kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,47   -12,05   -1.29%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Cara Cepat Turunkan Berat Badan Usia 40 Tahun ke Atas, Bisa Dicoba


Senin, 04 Juli 2022 / 06:42 WIB
8 Cara Cepat Turunkan Berat Badan Usia 40 Tahun ke Atas, Bisa Dicoba
ILUSTRASI. Di usia 40 tahun ke atas, tubuh mengalami perubahan, salah satunya mudah gemuk.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring dengan bertambahnya usia, tubuh manusia terus mengalami perubahan. Apalagi ketika memasuki usia 40 tahun. 

Di usia 40 tahun ke atas, tubuh mengalami perubahan, salah satunya mudah gemuk. Hal ini lantaran gaya hidup yang tidak berubah di tengah penurunan aktivitas. 

Seseorang, seiring dengan bertambahnya usia kerap kehilangan massa otot mereka karena aktivitas yang berkurang. 
Berkurangnya aktivitas itu menandakan bahwa energi yang dibutuhkan tubuh tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, gaya hidup perlu diubah seiring dengan bertambahnya usia. 

Sebaliknya, seseorang yang tidak mengubah gaya hidupnya dan tetap makan dengan jumlah kalori yang sama setiap harinya seperti ketika ketika berusia 20 dan 30-an, maka berat badan pun akan mudah bertambah. 

Pemikiran sederhana untuk menurunkan berat badan di usia 40 tahun adalah dengan membalikkan fakta yang ada, yakni dengan menjadi lebih aktif seperti sedia kala. 

Kendati demikian, penelitian menunjukkan bahwa kembali aktif dengan cara berolahraga saja tidak akan berdampak besar pada penurunan berat badan di usia 40 tahun ke atas. 

Baca Juga: 6 Gejala dan Ciri-ciri Kolesterol Tubuh Tinggi yang Muncul di Kaki

Mengacu pada studi tersebut, seseorang yang berusia 40 tahun ke atas justru disarankan untuk fokus pada perbaikan asupan nutrisi yang diimbangi dengan olahraga ringan. 

Perbaikan asupan nutrisi itu bisa dimulai dari mengubah kebiasaan makan. Berikut kebiasaan makan terbaik untuk menurunkan berat badan bagi seseorang yang berusia 40 tahun ke atas sesuai rekomendasi ahli diet. 

1. Mengurangi makanan olahan 

Ahli gizi Lisa Young mengatakan, makanan olahan merupakan jenis makanan yang paling mudah ditemukan untuk saat ini. Jenis makanan olahan ini bisa ditemukan di mana saja. 

Oleh karena itu, langkah utama untuk mengurangi berat badan bagi seseorang yang berusia 40 tahun ke atas adalah dengan mengurangi porsi makanan olahan. 

"Saran terbaik untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan adalah makan porsi kecil dari makanan ultra-olahan yang tinggi gula, lemak, dan kalori," kata Lisa Young, PhD, RDN, dilansir dari Eat This. 

Baca Juga: Menurunkan Risiko Kanker, Kenali 7 Manfaat Mengkonsumsi Ikan Nila




TERBARU

[X]
×