kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Bahan Alami Pelancar Haid Tidak Teratur, Murah dan Mudah Didapat


Kamis, 04 Januari 2024 / 16:05 WIB
8 Bahan Alami Pelancar Haid Tidak Teratur, Murah dan Mudah Didapat
ILUSTRASI. Menstruasi


Penulis: Tiyas Septiana

Bahan Alami Pelancar Haid Tidak Teratur  Selain menggunakan obat-obatan, haid atau menstruasi yang tidak lancar juga bisa diatasi dengan berbagai macam bahan alami.

Menstruasi adalah siklus bulanan berupa keluarnya darah melalui vagina, yakni terjadi peluruhan dinding rahim dikarenakan sel telur dalam organ reproduksi wanita tidak mengalami pembuahan. 

Normalnya, siklus menstruasi terjadi dalam kurun waktu 21–35 hari dengan periode haid selama 3 hingga 7 hari.

Baca Juga: Lowongan Kerja Terbaru 2024 di Honda Prospect Motor, Ada Banyak Posisi yang Dibuka

Namun, ada beberapa kondisi dimana skluks tersebut datang tidak teratur karena pengaruh dari berbagai kondisi tertentu, mulai dari pola hidup tidak sehat, stres, gangguan hormon, dan lain sebagainya.

Merangkum situs Siloam Hospital, berikut ini beberapa bahan alami untuk melancarkan haid tidak teratur. 

Kunyit 

Kunyit sudah lama dikenal sebagai obat pelancar haid alami yang mudah ditemukan. Kunyit diketahui mengandung senyawa yang memiliki efek serupa dengan hormon estrogen sehingga mampu membantu melancarkan haid agar lebih teratur.

Selain itu, kunyit juga memiliki kandungan kurkumin yang bersifat sebagai antiradang sehingga mampu membantu mengatasi berbagai keluhan menstruasi, salah satunya adalah meredakan gejala PMS (premenstrual syndrome) dan dysmenorrhea.

Kayu manis 

Kayu manis juga merupakan obat pelancar haid alami karena dapat membantu mengendalikan kadar hormon insulin di dalam tubuh. 

Hal ini dikarenakan hormon insulin dapat memengaruhi kerja hormon reproduksi yang bisa memicu siklus menstruasi menjadi tidak teratur, terutama pada penderita PCOS (polycystic ovarian syndrome).

Teh chamomile

Rekomendasi obat pelancar haid alami yang pertama adalah teh chamomile. Minuman herbal ini diketahui mengandung senyawa antioksidan dan antiradang sehingga dapat membantu melancarkan haid sekaligus meredakan nyeri haid (dismenore).

Untuk mendapatkan manfaatnya, seduh 1 kantung teh chamomile pada segelas air hangat dan diamkan selama beberapa menit. 

Jika perlu, tambahkan satu sendok makan madu murni ke dalam teh chamomile untuk menambah rasa manis saat dikonsumsi. 

Baca Juga: 7 Organisasi yang Berdiri pada Masa Pergerakan Nasional di Indonesia

Teh jahe

Rekomendasi minuman pelancar haid berikutnya adalah teh jahe hangat. Selain itu, teh jahe hangat juga dipercaya dapat membantu meredakan rasa nyeri dan kram perut selama periode menstruasi.

Agar lebih nikmat, tambahkan ramuan teh jahe tersebut dengan perasan lemon serta madu untuk menambah rasa manis dan segar.

Nanas

Salah satu cara alami melancarkan haid yang mudah dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah nanas. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung enzim bromelain yang dipercaya mampu melancarkan proses peluruhan dinding rahim. 

Selain itu, buah nanas juga mengandung senyawa antiradang dan antinyeri sehingga dapat membantu mengatasi keluhan nyeri dan kram perut selama haid.

Sama halnya dengan cuka sari apel, efektivitas buah nanas untuk melancarkan haid tidak teratur juga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Peterseli

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, peterseli atau parsley juga bisa dimanfaatkan untuk membantu melancarkan menstruasi. 

Pasalnya, daun peterseli mengandung myristicin yang dapat membantu menyeimbangkan hormon dengan meningkatkan produksi hormon estrogen sehingga mampu melancarkan siklus haid yang tidak teratur.

Sebagai obat pelancar haid alami, peterseli dapat diolah dengan cara direbus pada air mendidih. Minuman herbal ini dapat dikonsumsi sebanyak 1–2 kali sehari untuk membantu mengatasi gangguan siklus menstruasi.

Baca Juga: Tahun Baru Kerjaan Baru, Ini Tips Sukses Melamar Kerja & Waktu Tepat Kirim Lamaran

Cuka apel

Cuka apel telah lama digunakan untuk membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan, termasuk melancarkan haid yang tidak teratur pada penderita PCOS dengan cara mengatur kadar hormon insulin di dalam tubuh. 

Jika ingin mengonsumsinya, cukup larutkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Lalu, tambahkan satu sendok makan madu untuk menambah rasa manis saat dikonsumsi.

Meskipun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas serta dosis cuka sari apel yang dibutuhkan guna membantu mengatasi siklus haid tidak teratur pada penderita PCOS.

Pepaya

Kandungan karoten pada buah pepaya diketahui mampu meningkatkan kerja hormon estrogen dalam mengatur siklus menstruasi. 

Karena itulah, konsumsi buah pepaya secara rutin dapat membantu melancarkan siklus haid yang tidak teratur.

Agar lebih praktis, buah pepaya dapat dijadikan sebagai jus ataupun smoothies yang bisa dikonsumsi pada pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×