kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.008,41   -2,46   -0.24%
  • EMAS1.131.000 0,27%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

8 Air Rebusan untuk Turunkan Lemak dalam Darah, Kabar Baik untuk Penderita Kolesterol


Kamis, 25 Mei 2023 / 08:17 WIB
8 Air Rebusan untuk Turunkan Lemak dalam Darah, Kabar Baik untuk Penderita Kolesterol
ILUSTRASI. Beberapa tanaman terbukti dapat menurunkan kolesterol yang tinggi.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kolesterol tinggi bisa membuat badan menjadi sakit. Namun ternyata, kolesterol tinggi bisa diatasi dengan sejumlah ramuan dari rebusan air dan daun. 

Menurut NHS, kolesterol tinggi terjadi ketika lemak kolesterol menumpuk terlalu banyak di darah. Biasanya, disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak, kurang olahraga, kelebihan berat badan, hingga kebiasaan merokok dan minum alkohol. 

Kolesterol tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kadar kolesterol Anda masih normal atau tidak adalah dengan melakukan cek darah. Jika berdasarkan pengecekan Anda menderita kolesterol tinggi, terdapat beberapa macam air rebusan daun yang dapat membantu menurunkan kolesterol. 

Lantas, air rebusan apa yang bisa menurunkan kolesterol? 

Air rebusan untuk turunkan kolesterol tinggi

Beberapa tanaman terbukti dapat menurunkan kolesterol yang tinggi. Bagian tanaman yang biasanya digunakan adalah daun. Daun ini kemudian direbus dengan air dan diminum bagi mereka yang menderita kolesterol tinggi. 

Berikut beberapa macam air rebusan daun yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh: 

Baca Juga: 4 Makanan Penurun Kolesterol Tinggi yang Aman Untuk Dikonsumsi

1. Air rebusan daun alpukat 

Sebuah penelitian berjudul Combination Effect of The Extract of Avocado Leaf and Seed (Persea americana) on Level of Total Cholesterol, LDL, and HDL in Mice (Mus musculus) with Hypercholesterolemia 2019 menyebutkan bahwa air rebusan daun alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. 

Studi tersebut menganalisis pengaruh pemberian ekstrak daun alpukat dan biji alpukat dalam bentuk kombinasi terhadap kolesterol total, LDL, dan HDL pada tikus hiperkolesterolemia yang diinduksi diet tinggi lemak dan kuning telur bebek. 

Hasilnya, kombinasi ekstrak daun dan biji alpukat (CALSE) pada semua kelompok perlakuan terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL. 

Baca Juga: 4 Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi

2. Air rebusan daun kelor 

Dilansir dari Kompas.com (19/3/2022), sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi daun kelor dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Daun kelor mengandung lemak dalam kadar yang sangat rendah dan tidak memiliki kolesterol berbahaya. 

Selain itu, daun berkhasiat satu ini juga kaya akan senyawa yang menyehatkan. Kandungan daun kelor antara lain vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin C, folat, kalsium, kalium, besi, magnesium, fosfor, dan seng. 

Baca Juga: Gejala Asam Urat yang Muncul di Tangan dan Cara Mengatasinya




TERBARU
Kontan Academy
Outlook 2024, Meneropong saham unggulan di Tahun Politik The Coughing Dragon | Global Market Series - China

[X]
×