7 Tips Menjalankan Puasa untuk Ibu Hamil

Rabu, 06 April 2022 | 13:55 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Tips Menjalankan Puasa untuk Ibu Hamil

ILUSTRASI. Tips aman menjalankan puasa bagi ibu hamil.


KONTAN.CO.ID - Menjalan puasa di bulan Ramadan adalah salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam. Namun, khusus bagi ibu hamil, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menjalankan puasa supaya kesehatan sang bayi bisa tetap terjaga.

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat puasa adalah asupan nutrisi sang ibu hamil. Pasalnya, saat hamil, tubuh membutuhkan asupan nutrisi lebih, apalagi saat berpuasa. Untuk itu, berkonsultasilah terlebih dahulu ke dokter agar kesehatan sang ibu hamil dan bayi aman. 

Pada dasarnya, ibu hamil diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Tapi, puasa masih tetap bisa dilakukan jika kondisi tubuh sang ibu hamil dan janin sehat. Jika tubuh sang ibu hamil sehat serta asupan nutrisi terjaga, puasa tidak akan berpengaruh terhadap janin yang sedang dikandung. 

Melansir dari The Jewish Woman, berikut beberapa tips menjalankan puasa bagi para ibu hamil:

Baca Juga: Kuat Seharian Puasa, Kenali 8 Buah yang Cocok Untuk Sahur

1. Berkonsultasi dengan dokter sebelum puasa

Konsultasikan dengan dokter atau bidan sebelum puasa untuk memastikan Anda cukup sehat untuk berpuasa. Selain itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan bagi ibu hamil, seperti ancaman keguguran atau persalinan prematur dan lain sebagainya.

2. Hindari mengonsumsi kafein ​

Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi kafein dalam jumlah besar, apalagi saat menjalankan puasa. Soalnya, selain dapat menimbulkan rasa haus di siang hari, mengonsumsi kafein juga berbahaya bagi janin yang sedang dikandung.

3. Menjaga asupan cairan tubuh

Menjaga asupan cairan tubuh sangat penting dilakukan oleh ibu hamil, apalagi saat akan menjalankan puasa. Konsumsi air putih secukupnya agar tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga tidak membahayakan janin yang dikandung serta mencegah rasa haus saat puasa.

Baca Juga: Ketahui, 6 Cara Agar Tidak Cepat Haus Saat Puasa, Dijamin Kuat Seharian!

4. Berpikir positif 

Ibu hamil sangat penting untuk berpikir positif. Terlebih saat menjalankan puasa, Anda harus dapat menahan berbagai macam hawa nafsu termasuk pikiran-pikiran negatif.

5. Jangan melakukan aktivitas yang terburu-buru

Tips menjalankan puasa bagi ibu hamil selanjutnya adalah jangan melakukan aktivitas berat dan terburu-buru. Hal tersebut akan membuat rahim ada juga tidak melakukan aktivitas yang berat. Begitupun sebaliknya.

Baca Juga: 4 Makanan Sehat Untuk Sahur dan Diet Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

6. Waspada tanda bahaya

Ibu hamil harus mewaspadai tanda-tanda bahaya saat menjalankan puasa. Contohnya, seperti pendarahan, kontraksi, pandangan kabur, pusing dan tanda bahaya lainnya perlu diwaspadai. Sebab, berbahaya bagi janin yang sedang Anda kandung.

7. Banyak istirahat

Puasa terkadan membuat tubuh terasa lemas. Untuk itu banyaklah beristirahat, apalagi bagi ibu hamil yang sedang puasa. Cobalah untuk memperbanyak beristirahat agar tubuh bisa tetap bugar dan tidak membahayakan sang janin serta tidak mengganggu ibadah puasa Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru