CLOSE [X]

4 Makanan Sehat Untuk Sahur dan Diet Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

Rabu, 06 April 2022 | 05:36 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Makanan Sehat Untuk Sahur dan Diet Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

ILUSTRASI. Oatmeal adalah salah satu makanan yang cocok dikonsumsi saat sahur dan diet.


KONTAN.CO.ID - Menjaga asupan makanan sehat merupakan hal penting yang harus dilakukan saat menjalankan program diet menurunkan berat badan. Khususnya saat bulan Ramadan, ada beberapa rekomendasi makanan sehat yang cocok dikonsumsi saat sahur agar diet masih bisa dilakukan saat puasa. 

Namun, perlu Anda ketahui saat menjalankan puasa tubuh membutuhkan energi lebih untuk melakukan aktivitas. Oleh karena itu, makanan sehat untuk sahur perlu diperhatikan.

Selain itu, setelah melakukan puasa seharian tubuh biasanya menimbulkan rasa lapar. Oleh karenanya selain mengkonsumsi makanan sehat saat sahur, mengontrol asupkan makanan saat buka perlu dilakukan agar diet berjalan lancar.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan Tulang, Kenali 6 Makanan yang Mengandung Vitamin K

Melansir dari Okadoc, berikut rekomendasi makanan sehat untuk sahur dan cocok dijadikan menu diet menurunkan berat badan.

1. Oatmeal 

Oatmeal adalah pilihan sahur yang sempurna yang dapat memberikan banyak manfaat untuk puasa Anda. Oatmeal mengandung serat yang tinggi sehingga saat cocok untuk dijadikan makanan diet saat puasa.

Selain itu, oatmeal  membutuhkan waktu untuk dicerna tubuh dan merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk menopang puasa sepanjang hari.

Oatmeal juga dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan Anda serta memberikan penurunan tekanan darah. Itu juga bisa diisi dengan buah dan kacang untuk memberi Anda makanan sahur yang sehat.

2. Telur 

Saat sahur, penting untuk mendapatkan sumber protein yang baik. Telur adalah pilihan makanan sehat yang tepat untuk sahur karena ringan dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Telur juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin B dan D, serta mineral seperti zat besi, dan zinc baik untuk kesehatan serta diet.

3. Buah

Pisang

Bahkan jika itu bukan Ramadhan dan Anda tidak berpuasa, buah adalah makanan penting dari semua diet sehat. Dan khusus untuk sahur, buah-buahan bisa membantu sebelum Anda mulai berpuasa lagi.

Buah-buahan seperti pisang, stroberi, beri, anggur, dan apel dapat membantu Anda merasa kenyang, memberi Anda dorongan energi dari gula alaminya. Selain itu, memberi tubuh Anda nutrisi penting yang dibutuhkannya sepanjang hari Anda tanpa merasa lelah.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Puasa bagi Kesehatan?

4. Sup

Makanan sehat untuk sahur selanjutnya adalah sup. Sup ringan dan nyaman untuk dicerna perut serta menyediakan cukup cairan untuk menghidrasi Anda sebelum periode puasa.

Sup juga dapat disesuaikan untuk memasukkan nutrisi penting yang Anda butuhkan untuk ditambahkan ke dalam diet Anda. Seperti bahan-bahan kaldu daging, lentil, kacang-kacangan, dan makanan bertepung seperti pasta dan biji-bijian sangat bagus untuk ditambahkan ke dalam sup Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru