7 Tips manajemen stres sederhana untuk pelajar agar kesehatan mental terjaga

Minggu, 22 Agustus 2021 | 06:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Tips manajemen stres sederhana untuk pelajar agar kesehatan mental terjaga


KONTAN.CO.ID - Manajemen stres perlu diterapkan baik untuk pekerja maupun pelajar. Dengan manajemen pengelolaan stres yang baik, kesehatan mental akan lebih terjaga.

Jika stres terkelola dengan baik maka bisa membuat produktivitas meningkat, lebih bersemangat, dan tentu saja lebih merasa bahagia.

Mengutip dari laman New York University, ada beragam faktor yang menyebabkan pelajar mengalami stres. Kehidupan di sekolah atau kampus, tugas, pergaulan, hingga masalah keluarga bisa memicu stres pada mahasiswa. 

Stres yang tidak dikelola dengan baik bisa mempengaruhi nilai akademis mahasiswa. Hal tersebut juga berefek buruk pada hubungan sosial dan kesehatan mereka.

Itu sebabnya, mahasiswa perlu menerapkan cara-cara yang tepat dalam manajemen stres. Simak cara mengelola stres yang baik untuk di bawah ini dirangkum dari Very Well Mind.

Baca Juga: Hukum Archimedes: Awal ditemukan, rumus, dan penerapannya

  • Tidur yang cukup

Tidur merupakan salah satu komponen penting yang perlu dijaga durasinya. Saat tidur, tubuh akan melakukan relaksasi dan regenerasi sehingga energi kembali pulih.

Tidur yang cukup bisa membantu mengatasi stres berlebihan. Orang dewasa, termasuk pelajar, membutuhkan 7-8 jam untuk tidur tiap hari. 

Bersumber dari Very Well Mind, kurang tidur bisa mengganggu konsentrasi hingga produktivitas. 

  • Berolahraga rutin

Berolahraga bisa mengurangi hormon yang menyebabkan stres seperti adrenalin. Selain itu, olahraga juga meningkatkan kadar endorfin pada otak.

Hormon ini berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit dan memperbaiki mood. Efeknya, tubuh menjadi lebih bugar dan Anda bisa lebih bahagia. 

Ada beragam olahraga yang mudah dan murah untuk pelajar. Luangkan waktu di pagi atau sore hari untuk berlari.

  • Makan makanan sehat

Makanan yang sehat bisa menjadi salah satu cara manajemen stres yang mudah. Makanan yang bergizi dan sehat bisa memaksimalkan kerja otak. 

Selain memaksimalkan kerja otak, makanan sehat juga bisa menjaga kesehatan mental. Asupan nutrisi yang seimbang bisa meningkatkan kesehatan tubuh sehingga Anda lebih produktif.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru