kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Rekomendasi Buah Tinggi Serat untuk Mengatasi Sulit Buang Air Besar


Sabtu, 21 Oktober 2023 / 10:38 WIB
7 Rekomendasi Buah Tinggi Serat untuk Mengatasi Sulit Buang Air Besar
ILUSTRASI. 7 Rekomendasi Buah Tinggi Serat untuk Mengatasi Sulit Buang Air Besar. Kontan/Alri kemas


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip sederet buah untuk mengatasi sulit buang air besar yang tinggi serat. Masalah sulit BAB atau konstipasi bisa saja diderita oleh semua umur.

Sulit buang air besar dapat terjadi karena gangguan pencernaan dari usus yang sulit mencerna makanan.

Tentu, masalah ini dapat dialami oleh siapapun seteleh tubuh konsumsi makanan rendah serat maupun jarang berolahraga.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang dapat mengalami kesulitan dalam buang air besar atau mengalami konstipasi.

Baca Juga: 6 Makanan yang Tidak Sehat untuk Anak, Orang Tua Wajib Batasi Konsumsinya

Penyebab sulit BAB

Buang air besar

Beberapa penyebab umum meliputi:

  • Kurang Serat dalam Diet: Kurangnya serat dalam diet dapat menyebabkan feses menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan. Serat membantu menambah volume tinja dan memperlancar gerakan usus.
  • Kurang Cairan: Kurang minum air atau dehidrasi dapat menyebabkan tinja menjadi keras dan sulit dikeluarkan. Cairan yang cukup diperlukan untuk menjaga kelembapan tinja.
  • Kurang Aktivitas Fisik: Kurangnya aktivitas fisik atau gaya hidup yang kurang aktif dapat memperlambat gerakan usus dan menyebabkan konstipasi.
  • Penyakit atau Gangguan Pencernaan: Beberapa penyakit atau gangguan pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit inflamasi usus, atau gangguan pergerakan usus dapat menyebabkan kesulitan dalam buang air besar.
  • Efek Samping Obat: Beberapa jenis obat, seperti obat penghilang rasa nyeri opioid, antidepresan, atau obat penurun tekanan darah, dapat menyebabkan konstipasi sebagai efek samping.
  • Faktor Psikologis: Stres, kecemasan, atau perubahan rutinitas dapat mempengaruhi fungsi usus dan menyebabkan konstipasi.

Daftar buah untuk mengatasi sulit BAB

Tentu, ada beberapa solusi mudah untuk mengatasi BAB sebelum adanya sakit seperti sembelit. Daftar buah yang dikenal efektif dalam membantu mengatasi sulit buang air besar atau konstipasi.

Simak deretan buah untuk mengatasi sulit buang air besar dilansir dari Healthline.

Baca Juga: Ini 6 Pantangan Makanan saat Sariawan yang Bisa Memperparah Peradangan

1. Apel

Ada juga Apel yang mengandung serat yang membantu memperlancar pencernaan dan merangsang gerakan usus. 

Satu studi pada 80 orang dengan sembelit menemukan bahwa pektin mempercepat pergerakan tinja melalui usus, memperbaiki gejala sembelit, dan meningkatkan jumlah bakteri menguntungkan di usus.

2. Pir

Pir kaya akan serat dan memiliki sifat pelembap alami, yang membantu melunakkan feses dan memperlancar buang air besar.

Anda bisa memasukkan pir ke dalam diet Anda dengan berbagai cara. Makanlah mentah atau dimasak, dengan keju, atau sertakan dalam salad, hidangan gurih, dan makanan yang dipanggang.

3. Persik

Kemudian, ada juga buah Persik mengandung serat yang membantu memperlancar pencernaan. Buah ini juga mengandung air yang tinggi, yang dapat membantu menjaga hidrasi tubuh.

Pastikan konsumsi secara rutin agar mendapatkan hasil maksimal untuk mengatasi masalah sulit BAB.

4. Kiwi

Salah satu pilihan buah untuk mengatasi sulit buang air besar adakag Kiwi. Buah ini mengandung serat yang tinggi, terutama serat larut, yang dapat membantu melunakkan feses dan meningkatkan gerakan usus.

5. Aprikot Kering

Aprikot kering mengandung serat yang tinggi dan sorbitol alami, yang dapat membantu merangsang gerakan usus dan melunakkan feses.

6. Raspberry

Raspberry mengandung serat yang tinggi dan memiliki sifat pelembap alami, yang dapat membantu mengatasi konstipasi atau sulit BAB.

7. Stroberi

Stroberi mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu meningkatkan gerakan usus dan melunakkan feses. Tentu, diperlukan beberapa waktu atau dikonsumsi secara teratur untuk mengindari masalah konstipasi di kemudian hari.

Namun, penting untuk diingat bahwa setiap orang mungkin merespons makanan dengan cara yang berbeda, jadi penting untuk mencoba dan mengetahui mana yang cocok.

Pastikan untuk mengonsumsi buah-buahan ini dalam keadaan matang dan segar, dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi jika masalah konstipasi berlanjut atau parah.

Selain mengonsumsi buah-buahan, penting juga untuk memperhatikan pola makan yang seimbang, cukup minum air, dan menjaga gaya hidup sehat secara umum.

Itulah rekomendasi daftar buah untuk mengatasi sulit buang air besar yang mudah dijumpai di pasar atau supermarket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×